Juni 09

2021

PROGRES IDM DESA SE KEC. PUCUK (BERSAMA PD DAN PLD KEC. PUCUK)


Indeks Desa Membangun (IDM) dikembangkan diatas kerangka kerja pembangunan berkelanjutan.

Sebagai alat bantu pengukuran perkembangan status kemandirian Desa, konsepsinya dibangun dari integrasi tiga domain, yaitu aspek sosial, ekonomi dan ekologi. Dari ke tiga aspek tersebut diharapkan nantinya menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi desa untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat.

Menurut para ahli, hakekat tiga domain dalam pembangunan tersebut, merupakan himpunan yang saling beririsan antar domain yang memunculkan paradigma pembangunan sosial, paradIgma pembangunan berwawasan lingkungan dan paradigma pembangunan yang berpusat pada rakyat.
Integrasi dari ke tiga irisan domain itu kemudian menghasilkan apa yang kita kenal dengan paradigma pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Selanjutnya, dalam konteks pembangunan berpusat pada rakyat, sebagai produk dari hasil irisan antara aspek sosial dan ekologi, paradigma pembangunan tersebut implementasinya dimaksudkan sebagai suatu upaya yang bertujuan memperbaiki kualitas hidup seluruh rakyat dengan merespons aspirasi dan harapan individu maupun kolektif, seperti memberantas kemiskinan absolut, berkeadilan dan peningkatan partisipasi masyarakat secara nyata dengan memandang inisiatif kreatif dari rakyat sebagai sumber daya pembangunan yang utama.