Juni 09

2021

SDGs DESA, DARI SUDUT PANDANG EVOLUSI PEMIKIRAN TENTANG KONSEP PEMBANGUNAN. (BIMTEK PENDATAAN SDGs DESA DESA PUCUK KECAMATAN PUCUK)

Dinamika pemikiran konsep dan teori pembangunan, secara evolutif, akan mengalami perubahan-perubahan. Apakah itu sifatnya untuk kepentingan transformasi atau penyesuaian, pembaruan atau perubahan atas teori pembangunan sebelumnya atau karena sebab lainnya.
Para pemikir pembangunan, akan terus menangkap gagasan-gagasan baru yang relevan dengan fakta solutif bagi penyelesaian yang kontekstual dengan kebutuhan waktunya.
Oleh karenanya ruang lingkup pembangunan yang dinamis, tidak boleh dilihat dari konsep yang sama sekali statis, diam dan tidak bergerak, melainkan satu bentuk aktivitas yang mengandung orientasi dan kegiatan tanpa akhir.
Sebagaimana hal nya dengan SDGs Desa. Ia lebih merupakan satu refleksi pemikiran baru tentang paradigma pembangunan desa dan implementasinya, sekaligus kehadirannya merupakan adaptasi terhadap pendekatan pembangunan desa yang alpha menginisiasi fakta perencanaan berdasarkan kebutuhan dan data.
Oleh karenanya, surat Kemendesa perihal penegasan pemutakhiran data IDM berbasis SDGs Desa, menjadi penting keberadaannya sebagai upaya memastikan ketercapaian pendataan SDGs Desa.
Sukses pendataan sukses desa!