Juni 07

2021

Evaluasi Capaian 100 Hari Kerja YES-BRO

Sejak dilantik pada 26 Februari 2021 lalu, pemerintahan Bupati Yuhronur dan Wakil Bupati Abdul Rouf telah berlangung selama 100 hari. Untuk mengukur kinerjanya, Bupati Yuhronur melakukan evaluasi kinerja kepala daerah di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, senin (7/6/2021).

Seratus hari kerja bukanlah hasil final sebuah pemerintahan namun ia menjadi wadah orientasi apa yang telah, sudah, dan akan dilakukan pemerintah ini lima tahun ke depan dalam mewujudkan visi-misinya.

Sejumlah program jangka pendek dipaparkan oleh Bupati Lamongan di antaranya ihwal infrastruktur melalui JAMULA, pendidikan, kesehatan, pemulihan ekonomi serta digitalisasi pelayanan publik yang berkualitas.

Dalam penanganan pandemi COVID-19, YES-BRO melaksanakan pencegahan dengan memperkuat PPKM mikro, penanganan dengan menyiapkan tempat karantina dan BOR yang cukup serta 65.404 vaksinasi, serta menyiapkan 48 SMPN dan 638 SD tangguh.

Dalam program infrastruktur telah dilakukan perbaikan jalan, optimalisasi sungai dan pengendalian banjir serta pembangunan kawasan pemukiman kumuh dan diselesaikannya proyek Mojolagres.

UMKM menjadi sektor paling berkontribusi sekaligus paling terpuruk. Untuk itu membangkitkan UMKM menjadi sebuah keharusan. DISPERINDAG membuat sejumlah program dan kegiatan yakni bazar ramadan, pemasaran online melalui LaLa (Lapak Lamonngan), revitalisasi pasar di 10 wilayah, dan produk UMKM mulai dipasarkan di retail modern. 

Kemudian, dalam peningkatan produksi UMKM dilakukan dengan pemberian bantuan bibit benih inbrida pada petani oleh Dinas TPHP, melakukan inseminasi buatan untuk kelompok ternak oleh Dinas Peternakan, dan program restrocking ikan oleh Dinas Perikanan.

Dinas Pendidikan berhasil membentuk sekolah tangguh COVID-19, meluncurkan inovasi sekolah digital, menjalin student partnership program antara Akifuchu Senior High School (AKF) dengan 12 SMPN di Lamongan.

Sebagai upaya peningkatan pelayanan publil, Bupati Yuhronur dan Wabup Rouf telah melancurkan beberapa program unggulan paket layanan 3 in 1, digital signature, SIPPOMA, i-Lamongan, dan Lapor Pak YES! yang mana semuanya bertujuan untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Itulah 100 hari yang telah saya lakukan dan 11 program yang akan kita kembangkan ke depan," ujar Bupati.

Dalam akhir paparanya, bupati YES berpesan untuk terus berbuat kebaikan dan menjalankannya dengan keikhlasan agar tercipta Lamongan yang hebat dan berkeadilan.