April 22

2021

CELENGAN : "AKU KARTINI" Karya Wikan Satriati

Tanggal 22 April 2021, Celengan menghadirkan cerita berjudul Kartini karya Wikan Satriati. Membaca Nyaring tentang Kartini karena kemarin tepatnya tanggal 21 April 2021 adalah Hari Kartini. Hari kelahiran RA Kartini saat ini diperingati sebagai hari nasional, yaitu hari Kartini. Diperingatinya tanggal 21 April sebagai hari Kartini tidak lain untuk mengenang dan menghormati jasa beliau yang telah ikut berjuang bagi rakyat Indonesia, terutama kaum wanita, agar bisa lebih maju dan bersaing dengan bangsa lainnya. Membaca Nyaring dibawakan oleh Kak Fitri dan Kak Dita.



Aku Kartini, menceritakan tentang sosok Kartini. Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879. Putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningkrat yang merupakan bupati Jepara pada masa itu. Kartini menyelesaikan pendidikannya di ELS (Europese Lagere School). Buah pemikiran Kartini dengan pembicaraan J.H Abendanon disusun menjadi sebuah buku berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang.”

Selesai membaca nyaring “Aku Kartini”, kak Fitri dan kak Dita mengajak audiens untuk berkolaborasi bercerita. Ada Kak Atafras yang menceritakan sebuah cerita berjudul Elegi Untuk Bu Lutfi dan juga Kak Ajeng yang membacakan buku dengan Read Aloud berjudul Kado untuk Sahabat.