April 28

2021

Lamongan Lakukan Digitalisasi Arsip Untuk Tingkatkan Layanan

Arsip  sebagai  sumber  informasi  sudah  bukan  saatnya  lagi  bersifat  tertutup.  Kabupaten Lamongan menyadari bahwa daerah tanpa  arsip  adalah  daerah  tanpa  memori,  tanpa  kepastian  hukum,  tanpa  sejarah,  tanpa  kebudayaan dan tanpa ilmu pengetahuan, serta tanpa identitas kolektif. Untuk itu Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan memulai kegiatan digitalisasi arsip di SIKS (sistem infomasi kearsipan statis).

Digitalisasi juga sangat penting untuk menjaga dokumen asli arsip dari kerusakan. Terutama arsip yang mempunyai nilai sejarah tinggi dan telah berusia lebih dari 10 tahun rentan sekali mengalami rusak (lapuk). Arsip seperti ini dikategorikan sebagai arsip statis yang harus disimpan di Roll O Pack. Kepala Dinas Kearsipan Lamongan Gunadi menyatakan, pihaknya tidak hanya menyimpan secara fisik (arsip statis) saja tapi sudah mulai melakukan penyimpanan secara digitalisasi di SIKS.

"Kita (Dinas Kearsipan Lamongan) sudah mulai menyimpan otentik asli fisik dari arsip statis secara digital di SIKS agar nantinya bisa diakses oleh seluruh masyarakat Kabupaten Lamongan," ujar pria yang akrab disapa dengan Pak Gun itu.

Gunadi menjelaskan bahwa setelah semua arsip statis telah selesai diunggah di aplikasi SIKS maka masyarakat yang ingin mengakses atau membaca arsip tidak harus datang ke Dinas Arsip Lamongan, ini adalah bentuk dari pelaksanaan visi misi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi untuk program digitalisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Digitalisasi arsip ini tentu akan sangat memudahkan bagi pendidik, penulis, skenario film dan pencipta lagu dan masyarakat luas yang ingin menambah wawasan  memori kolektif bangsa (arsip).

Hal  terpenting kegiatan digitalisasi arsip  ini adalah peran arsip mempunyai fungsi sebagai pusat ingatan, sumber informasi dan alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi publik dalam rangka kegiatan perencanaan, penganalisaan, pengembangan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, akuntabilitas suatu kegiatan di Kabupaten Lamongan semakin baik.