SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

PAKDE KARWO MEMINTA SATPOL PP DAN SATLINMAS JAGA KEAMANAN PILKADA 2018

Foto: Pemeriksaan Pasukan yang dilakukan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur di halaman Kantor Bupati Gresik

Yohan Firmansyah – Senin, 19 Maret 2018

Lamongan – Acara puncak HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 dilaksanakan hari ini, senin (19/3) di halaman Kantor Bupati Gresik. Dan diikuti Satpol PP dari seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Timur, termasuk Satpol PP Lamongan yang juga ikut serta dalam peringatan ini.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo atau yang biasa akrab dipanggil Pakde Karwo meminta agar Satpol PP dan Satlinmas untuk menjaga situasi aman di Jawa Timur. Karena di tahun ini akan serentak diselenggarakan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Kepala Daerah.

Pakde Karwo juga menambahkan dalam amanatnya, ” bahwa situasi aman dan damai adalah harga mati di Jawa Timur. Tugas Anda adalah menegakkan Perundang-Undangan Daerah baik Perda maupun Perkada. Sekarang fokusnya di Pilkada, maka kemudian tugas pokoknya adalah bagaimana Jawa Timur damai.”

“Satpol PP dan Satlinmas juga harus dibekali fungsi untuk menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat di seluruh tahapan Pilkada, baik sebelum, saat dan setelah pemungutan suara,” kata Pakde Karwo.

“Kondisi damai ini akan dikoordinir Bupati atau Walikota bersama Kapolres dan Dandim. Maka kemudian Satpol PP dan Satlinmas bersatu serta ikut mendukung. Diantaranya untuk mendeteksi dan mencegah dini permasalahan saat Pilkada,” tambah Pakde Karwo.

Sedangkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo melalui amanat yang disampaikan Gubernur Jawa Timur meminta, “Satpol PP dan Satlinmas untuk berkoordinasi terus dengan instansi terkait saat Pilkada. Seperti KPU, Bawaslu, TNI dan Polri. Menurutnya sesuai tema HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 yaitu mengawal Pilkada serentak tahun 2018. Satpol PP dan Satlinmas harus meningkatkan kualitasnya, baik sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat sesuai fungsi operasioanl di lapangan.”

Dalam HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 yang diselenggarakan Satpol PP Provinsi Jawa Timur dengan bertempat di Kabupaten Gresik, juga memberikan hadiah untuk peserta yang mendapatkan nilai tertinggi dari penilaian kedisiplinan, ketertiban dan defile.

Daftar pemenang Pasukan terbaik pada HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 tahun 2018:
Juara I : Kabupaten Madiun
Juara II : Kota Madiun
Juara III : Kabupaten Sidoarjo
Juara Favorit : Kabupaten Jember.

Satpol PP Jaya…Jaya…Jaya. (yf)