Tugas Pokok dan Fungsi

 TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan Nomor : 08 Tahun 2008 tentang organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Lamongan dan Peraturan Bupati Lamongan Nomor 49 tahun 2008 tentang Kedudukan, Tugas dan fungsi Kecamatan di Kabupaten Lamongan, maka Kecamatan merupakan Perangkat Daerah sebagai pelaksana teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah tertentu dan dipimpin oleh Camat.

Kecamatan Mantup sebagai unsur perangkat Daerah di Kabupaten Lamongan mempunyai susunan organisasi sebagai berikut :

1.      Camat

2.      Sekretaris Kecamatan

         –    Kepala Sub Bagian Umum

         –    Kepala Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan

3.      Seksi Tata Pemerintahan

4.      Seksi Ekonomi dan Pembangunan

5.      Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa

6.      Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

7.      Kelompok Jabatan Fungsional

 

Selanjutnya untuk uraian tugas dari masing – masing unsur adalah sebagai berikut :

1.      Camat

         Menyelenggarakan Tugas dan Pemerintahan yang meliputi :

         a.      Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan Masyarakat ;

         b.      Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban

                  umum ;

        c.       Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang –

                  undangan ;

         d.      Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum ;

         e.      Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat

                  Kecamatan ;

        f.        Membina penyelenggaraan pemerintahan desa dan  kelurahan ;

         g.      Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya

                 dan atau yang belum dilaksanakan pemerintahan Desa dan Kelurahan .

Selain tugas – tugas tersebut, Camat melaksanakan kewenangan Pemerintahan yang dilimpahkan oleh Kepala Daerah untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, yang meliputi aspek :

a.      Perijinan ;

b.      Rekomendasi ;

c.       Koordinasi ;

d.      Pembinaan ;

e.      Pengawasan ;

f.        Fasilitasi ;

g.      Penetapan ;

h.      Penyelenggaraan dan

i.         Kewenangan lain yang dilimpahkan.

2.      Sekretaris Kecamatan

Sekretaris Kecamatan adalah unsur Staf  yang dipimpin oleh seorang Sekretaris berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Camat yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan administrasi umum, perlengkapan, kerumahtanggaan, kelembagaan, kehumasan, kepegawaian, keuangan dan unsur program.

Selain tugas – tugas tersebut, Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas – tugas sebagai berikut:

a.      Pengelolaann administrasi dan urusan umum;

b.      Pelaksanaan urusan kerumahtanggaan dan perlengkapan ;

c.       Pelaksanaan urusan organisasi, tatalaksana dan kehumasan ;

d.      Pelaksanaan urusan kepegawaian ;

e.      Pelaksanaan urusan keuangan ;

f.        Pelaksanaan urusan program ;

g.      Pelayanan teknis administratif kepada Camat dan semua satuan unit kerja di tingkat Kecamatan ;

h.      Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya ;

  Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Sekretaris mempunyai 2 Sub Bagian yaitu :

a.   Sub Bagian Umum

Sub Bagian Umum adalah unsur staf yang dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris, yang mempunyai tugas – tugas sebagai berikut :

1)  Melakukan pengelolaan urusan surat – menyurat , pengetikan, penggandaan dan tata      usaha kearsipan ;

2)  Melakukan pengurusan administrasi perjalanan dinas dan tugas – tugas kehumasan dan keprotokolan ;

3)   Melakukan pengelolaan urusan organisasi dan tatalaksana ;

4)   Melakukan urusan Kepegawaian ;

5)  Mengumpulkan, menginventarisir dan mensistematisasikan data dalam rangka perumusan dan penyusunan program ;

6)   Menyusun program dan rencana kegiatan ;

7)   Mengelola, memelihara dan menyajikan data kegiatan ;

8)  Menyiapkan bahan dalam rangka menyusun rencana program serta bahan – bahan rapat koordinasi ;

9) Mempelajari dan menganalisa realisasi hasil kegiatan dan permasalahan dengan memperhatikan program dan rencana kerja ;

10)  Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan hasil – hasilnya ;

11) Menyusun hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan dan permasalahan sebagai bahan  penyusunan program berikutnya ;

12)  Menyusun laporan berkala tentang pelaksanaan program dan kegiatan kantor ;

13)  Menyiapkan bahan publikasi program dan hasil – hasilnya bagi Masyarakat luas

14)  Membantu mengkoordinasikan penyusunan Rencana Strategis dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( LAKIP ) ;

15)  Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya .

b.       Sub Bagian Keuangan Dan Perlengkapan

Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan adalah unsur staf yang dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris, yang mempunyai tugas – tugas sebagai berikut :

1)      Menghimpun data dan menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan anggaran keuangan ;

2)      Melakukan pengelolaan keuangan termasuk pembayaran gaji pegawai dan hak – haknya ;

3)      Menyusun laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan ;

4)      Melakukan verifikasi pengelolaan anggaran keuangan belanja kantor ;

5)      Melakukan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan ;

6)      Merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana kantor ;

7)      Melakukan pengelolaan inventarisasi dan pemeliharaan barang – barang kantor ;

8)   Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan  fungsinya .

 3.  Kepala Seksi Tata Pemerintahan

Seksi Tata Pemerintahan adalah unsur pelaksana teknis operasional kewilayahan yang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui, Sekretaris dan mempunyai tugas – tugas sebagai berikut :

a.   Melakukan penyiapan bahan koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal dibidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan ;

b. Melakukan penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan instansi vertical dibidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan ;

c.   Melakukan evaluasi dan melaporkan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan;

d.   Melakukan pembinaan dan pengawasan tertib administrasi Pemerintahan Desa / Kelurahan ;

e. Memberikan bimbingan, supervisi, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan administrasi Desa / Kelurahan;

f.    Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Kepala Desa / Lurah ;

g.   Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Perangkat Desa/ Lurah ;

h.   Melakukan evaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa / Kelurahan ;

i.  Melaporkan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Desa / Kelurahan ;

j.    Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya .

4.            Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa

Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa adalah unsur pelaksana teknis operasional kewilayahan yang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui, Sekretaris dan mempunyai tugas – tugas sebagai berikut :

a. Mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan lingkup Kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di Desa / Kelurahan dan Kecamatan ;

b.  Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat diwilayah kerja Kecamatan ;

c.  Melakukan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat diwilayah Kecamatan baik yang dilakukan oleh unit kerja pemerintah maupun swasta ;

d. Melakukan tugas – tugas lain dibidang pemberdayaan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang – undangan ;

e.  Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan kegiatan kesejahteraan social

f.   Melaporkan pelaksanaan tugas pemberdayaan masyarakat diwilayah kerja Kecamatan ;

g.  Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya .

5.  Kepala Seksi Ekonomi Dan Pembangunan

Seksi Ekonomi Dan Pembangunan adalah unsur pelaksana teknis operasional kewilayahan yang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui, Sekretaris dan mempunyai tugas – tugas sebagai berikut :

a.  Melakukan pengumpulan data bidang ekonomi dan pembangunan di tingkat Kecamatan meliputi sumber daya alam (pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, kelautan dan peternakan), bina usaha (industri, perdagangan, koperasi, usaha kecil, mikro dan menengah, budaya dan pariwisata, perhubungan dan penanaman modal), pertambangan, energi dan lingkungan hidup ;

b.   Melakukan penyiapan bahan koordinasi dengan SKPD dibidang penyelenggaraan kegiatan ekonomi dan pembangunan ditingkat Kecamatan ;

c. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan kegiatan ekonomi dan pembangunan ;

d.   Menyiapkan bahan fasilitasi, rekomendasi dan perijinan di tingkat Kecamatan ;

e.  Melakukan koordinasi dengan SKPD dan Instansi Vertikal yang tugas dan fungsinya dibidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum di tingkat Kecamatan ;

f.   Melakukan koordinasi dengan pihak swasta dalam pelaksanaan pemeliharaan dan fasilitas pelayanan umum di tingkat Kecamatan ;

g.  Melakukan perencanaan kegiatan pelayanan kepada Masyarakat di tingkat Kecamatan ;

h.  Melakukan percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayahnya ;

i.  Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan pada masyarakat di    tingkat Kecamatan ;

j.   Melaporkan pelaksanaan tugas penyelenggaraan kegiatan dibidang ekonomi dan pembangunan ;

k.  Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

6.   Kepala Seksi Ketentraman Dan Ketertiban Umum

Seksi Ketentraman Dan Ketertiban Umum adalah unsur pelaksana teknis operasional kewilayahan yang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui, Sekretaris dan mempunyai tugas – tugas sebagai berikut :

a. Melakukan penyiapan bahan koordinasi dengan Kepolisian dan TNI dibidang kegiatan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum diwilayah Kecamatan ;

b. Melakukan koordinasi dengan pemuka agama yang berada diwilayah kerja Kecamatan untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum masyarakat diwilayah Kecamatan

c.   Melaporkan pelaksanaan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum ;

d.  Melakukan koordinasi dengan SKPD yang tugas  dan fungsinya dibidang penerapan peraturan perundang – undangan ;

e.  Melakukan koordinasi dengan SKPD yang tugas  dan fungsinya dibidang penegakan peraturan perundang – undangan dan atau Kepolisian ;

f.   Melaporkan pelaksanaan penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan di wilayah Kecamatan ;

g.   Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *