godog

DESA GODOG – Adalah desa yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Godog berbatasan dengan desa Bulu Brangsi di sebelah timur, desa Solokuro di sebelah utara, desa Karang Tawar di sebelah barat, dan Bengawan Solo di sebelah selatan.

P_20160213_121149

Jalan Masuk Desa Godog

Jalan transportasi di desa godog sudah dibilang lumayan siipp laahh…. dibandingkan daerah bagian sebelah barat, rumah di desa godog juga sangat rapat dengan tetangga sebelah. desa godog  hanya mempunyai satu dusun yaitu, desa godog sendiri. dandidalam desa godog juga terdapat pasar desa yang cukup untuk keperluan dagang masyarakat desa godog dan sekitarnya.

SANYO DIGITAL CAMERA
PASAR DESA GODOG

 

BUDIDAYA BUAH TIN DI DESA GODOG KECAMATAN LAREN

GODOG – Ketekunan Faisal warga Desa Godog Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan dalam membudidayakan buah Tin akhirnya membuahkan hasil. Ia mampu meningkat perekonomianya meski berada di pedesaan. Bahkan mampu meraup keuntungan hingga jutaan rupiah per bulan. Memang membutuhkan kesabaran tersendiri dalam budidaya buah Tin di Lamongan. Menariknya dalam pengembangan pohon buah tin ini, selain memiliki manfaat untuk kesehatan juga memiliki manfaat secara ekonomis kata Faisal. Semula, lanjut Faisal, pengalaman yang kurang terhadap tanaman yang satu ini membuat beberapa bibit yang didatangkan dan mengalami kematian. Hal itu disebabkan media terlalu lembab atau jamur dari media tanam yang ada. Pengalaman itu membuat saya kembali mendatangkan bibit tin jenis Brown Turkey dari daerah Mampang Jakarta Selatan jelasnya. Baru tahun ketiga, Faisal dapat menikmati hasil dengan semakin dikenal nya tanaman pohon buah tin ini. Kemudian kebutuhan dan permintaan terhadap bibit pohon Tin mulai naik, sedangkan saya hanya melakukan budidaya sendiri tentunya akan kesulitan untuk memenuhi permintaan pasar, saya berinisiatif untuk membuat konsep Pengembangan Kebun berbasis komunitas yaitu dengan cara saya menganalisa dan memperhatikan potensi teman-teman muda dan lahan pekarangan rumah yang ada di desa yang belum di maksimalkan ujar Faisal. Secara detail, Faisal menjelaskan manfaat Pohon Tin secara ekonimis bisa menjadi tiga tingkatan. Pertama adalah jangka pendek, daunnya bisa diolah menjadi teh daun tin yang kaya akan khasiat. Karena polyphenils (anti oksidan), benzaldehyde dan Coumarins (anti tumor) dan mengandung serat, kalium, dan zat besi tinggi ungkap Faisal. Jangka panjangnya adalah, potensi pasar buah juga masih terbuka luas untuk buah tin segar. Kalaupun nantinya produsi buah tin melimpah bisa dibuat olahan dari buat tin seperti manisan, buah tin kering, selai, sirup buah tin dan masih banyak yang lainnya. Faisal berharap, budidaya buah Tin menjadi inspirasi bagi pemuda atau warga lain di daerah pedesaan agar selalu mencari potensi wilayah untuk meningkatkan ekonomi. Saya yakin, kalau kita mampu mengeksplorasi potensi pedesaan, maka dengan mudah kita akan mendapatkan peluang yang dapat meningktakan taraf hidup meski berada di desa tegasnya serius. Seperti diketahui pohon tin yang usianya sudah di atas satu tahun, setiap bulan bisa menghasilkan minimal 12 kg per 50 pohon. Harga jual rata-rata daun tin kering di pasaran sebesar Rp 50.000/kg. (Kom/dra).

Berikut 13 manfaat buah tin yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Kesuburan

Manfaat buah tin untuk kesuburan juga tak diragukan lagi. Pasalnya, buah tin mampu meningkatkan sperma serta menjaga dari kerusakan karena mengandung anti oksidan yang sangat tinggi.

2. Diabetes

Ekstrak dari daun pohon tin bernama ficusin ternyata dapat meningkatkan insulin dan sifat antidiabetes lainnya. Alhasil, perawatan diabetes dengan buah tin dapat membantu.

3. Berat Badan

Mengonsumsi buah tin disebut dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, buah tin mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan sehingga tubuh akan kenyang lebih lama.

4. Disfungsi Seksual

Merendam buah 2-3 buah tin dalam segelas susu selama satu malam dapat meningkatkan gairah seksual dalam tubuh ketika dikonsumsi. Sebab, sebagian kandungan buah tin adalah vitamin dan mineral.

5. Eksim

Buah tin memiliki vitamin, antioksidan, dan mineral yang sangat baik untuk kulit. Mengonsumsi buah ini bisa mengobati berbagai masalah kulit, seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis.

6. Anemia

Selain dikenal kaya antioksidan, buah tin juga mengandung zat besi yang sangat tinggi. Buah ini mampu meningkatkan jumlah hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

7. Pencernaan

Buah tin juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan. Kandungan serat yang tinggi membuat tubuh menyerap banyak air sehingga tinja menjadi lebih lembut.

8. Tulang

Kandungan kalsium dalam buah tin dapat menguatkan tulang, khususnya mencegah keropos. Maka dari itu disarankan untuk mengonsumsi buah tin secara berkala.

9. Luka

Selain untuk dikonsumsi, buah tin juga bisa digunakan untuk mengobati luka. Caranya dengan memasak buah tin hingga mendidih, lalu tambahkan susu. Dinginkan adonan buah tin dan balut pada bagian yang terluka.


10. Tumor

Buah tin mengandung benzaldehid serta fenol. Zat tersebut diketahui berkhasiat sebagai zat penangkal tumor.

11. Membantu Tidur

Ingin tidur nyenyak malam ini? Buah tin bisa menjadi solusinya. Pasalnya, buah ini mengandung trytophan yang bisa membuat tubuh merasa lebih rileks.

12. Penyakit Jantung

Kandungan omega 3 dan kalium dalam buah tin dapat mencegah penyakit jantung koroner. Zat ini juga banyak terdapat pada buah pisang dan mangga.

13. Kolesterol

Banyaknya kandungan serat dalam buah tin juga dapat mengatasi kolestrol. Dengan begitu, kandungan kolestrol dalam tubuh dapat terbuang dalam sistem ekskresi.