DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA

SOSIALISASI TIM PENDAMPING KELUARGA (TPK) KEPADA TP PKK KABUPATEN DAN KECAMATAN DALAM RANGKA PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING.


DPPKBLAMONGAN. Dalam rangka percepatan penurunan stunting dj Kab. Lamongan. Kepala Dinas PPKB Kab. Lamongan memberikan materi Sosialisasi tentang Tim Pendamping Keluarga (TPK) di depan Rapat Pleno Ketua Dharma Dharma Wanita Dinas dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kab. Lamongan tgl 8 April 2022 di Pendopo Lokatantra dengan materi tentang TPK yg sdah dibentuk di Tingkat Desa sebanyak 1.036 Tim dgn jumlah anggota 3108 orang. Setiap Tim terdiri dari 3 orang terdiri dari 1.Bidan Desa/tenaga Kesehatan 2.Kader PKK 3.Kader PPKBD mempunyai tugas :

  1. Mendampingi Calon pengantin dgn menggunakan aplikasi Elsimil (Elektronik sipa nikah dan hamil) selama tiga bulan dn akan mendapat sertifikat. 
  2. Mendampingi Ibu Hamil. 
  3. Pendampingan Ibu pasca melahirkan dan Balita. 


Dalam kegiatan tersebut Ibu Kepala Dinas PPKB meminta dukungan dan kerjasama guna mensukseskan program Penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Lamongan sehingga pada tahun 2024 angka stunting prevalensinya bisa turun menjadi 14 % atau bahkan bisa dibawah 14 %.


Selanjutnya Ibu Hj. Anis Kartikawati, S.Kep. Ners sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Lamongan pada kesempatan itu menghimbau agar ibu ketua Tim PKK kecamatan mengetahui berapa anggotanya yang ikut menjadi Tim Pendamping Keluarga (TPK) dan harus aktif dalam kegiatan khususnya dalam penanganan program penurunan stunting.