DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA

Artikel Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana

PEMBUKAAN SELANTANG DAN SOTH OLEH BUPATI LAMONGAN DI KELURAHAN SIDOKUMPUL KECAMATAN LAMONGAN

      Bupati Lamongan Dr. Yurohnur Efendi, MBA membuka Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) dan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Kelurahan Sidokumpul Kecamatan Lamongan pada hari Selasa tanggal 13 September 2022. Pembukaan dihadiri oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Lamongan Ibu Anis Kartika YUROHNUR, Kepala Bidang KSPK BKKBN Propinsi Jawa Timur, Kepala Dinas PPKB, Camat Lamongan, Lurah Sidokumpul dan Lurah Tumenggungan.       Selantang Anggrek dilaksankan Kelurahan Sidokumpul dgn jumlah peserta 30 orang. sedangkan SOTH Teratai dilaksanakan di Kelurahan Tumenggungan dgn jumlah peserta 31 orang. Untuk Selantang akan dilaksanakan 12 Kali pertemuan, setiap dua pekan sekali, sedangkan SOTH akan dilaksanakan 14 kali pertemuan, setiap pekan sekali. Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan mulai bulan September dan Desember 2022.      Diharapkan dengan adanya kegiatan Selantang dapat tetap menumbuhkan semangat kepada lansia dalam mengisi hari2 di usia tuanya.Lansia harus sehat, mandiri dan sejahtera Kemudian kegiatan SOTH diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak Balitanya. Sehingga bisa mencetak anak2 yg sehat, cerdas dan berkualitas.

Selengkapnya
BUPATI LAMONGAN MEWISUDA 173 PESERTA SEKOLAH ORANG TUA HEBAT

    Bupati Lamongan DR. YUROHNUR EFENDY, MBA, mewisuda peserta Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Angkatan ke II tahun 2022 di ruang Gajah Mada lantai 7 Gedung Pemkab Lamongan.(27/9/2022).     Wisuda tersebut diikuti oleh 173 peserta dari 7 Kecamatan, yaitu Deket, Laren, Brondong, Modo, Kedungpring, Sukodadi dan Kalitengah.      SOTH merupakan program yang digagas BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) yang berhasil ditindaklanjuti dan dilaksanakan oleh Dinas PPKB Kab. Lamongan.Tahun ini merupakan angkatan kedua SOTH, sedangkan angkatan pertama pada tahun 2021 telah diwisuda sebanyak 116 orang.      Dalam sambutannya Bupati Lamongan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat membentuk keluarga yang berkualitas sebagai penerus bangsa.Turut membantu mencegah/mengurangi balita stunting di Kabupaten Lamongan, sehingga nantinya kab Lamongan menjadi zero stunting. Lebih lanjut pak Yes sapaan akrab bupati Lamongan ini mengatakan, wisudawan mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan/menularkan ilmu yang didapat kepada masyarakat sekitarnya, sehingga ke depan bisa terbentuk generasi emas.    Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, MM menyebutkan bahwa BKKBN ditunjuk untuk memimpin percepatan penurunan stunting. Oleh sebab itu BKKBN menggagas SOTH sebagai salah satu solusi untuk percepatan penurunan stunting. "Saya optimis tidak ada lagi bayi terlahir stunting baru di Kabupaten Lamongan" ujarnya.    Menurutnya, SOTH merupakan program unggulan yang digagas oleh BKKBN Jawa Timur untuk mencetak orang tua cerdas dan terampil dalam mengasuh anak. "Lamongan merupakan kabupaten pertama di Jawa Timur yang mewisuda SOTH angkatan ke dua", tambahnya.Hadir dalam wisuda tersebut, Sekretaris Daerah, Drs.Moch.Nalikan, MM, Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Lamongan Anis Kartika Yurohnur dan segenap organisasi perangkat daerah lainnya.

Selengkapnya
Laporan Pelaksanaan Program Prioritas Nasional

LAPORAN LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM PRIORITAS NASIONAL INTENSIFIKASI DAN EKSTENSIFIKASI KEGIATAN BANGGA KENCANA DI KAMPUNG  KELUARGA BERKUALITAS dan PENGUATAN KEMITRAAN KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS TAHAP II KABUPATEN LAMONGAN, 9 AGUSTUS 2022>>> DOWNLOAD <<<

Selengkapnya
Pembinaan IMP Kecamatan Sukodadi

Kegiatan Pembinaan IMP di BP KB Kecamatan Sukodadi, dengan peserta PPKBD dari 20 desa, Kader BKL dari Desa Pro PN BKL dan Desa Kampung KB. Kegiatan ini diikuti 27 peserta, dengan sumber dana dr BOKB. Minggu (14/8/2022).Materi Kegiatan:1. Tata Laksana kegiatan BKL2. Praktek penyuluhan kegiatan BKL dengan materi 7 Dimensi Lansia Tangguh3. Praktek pendampingan bagi lansia yang dalam aktivitas sehari hari membutuhkan bantuan orang lain/ mengalami gangguan 7 dimensi (PJP/Perawatan Jangka Panjang)Sebagai Fasilitator:1. PKB2. Kader BKL terlatihDengan kegiatan ini diharapkan:1. Meningkatkan peran keluarga dalam memberikan peluang,bimbingan dan inovasi utk membantu lansia mengembangkan potensinya. Sehingga lansia tidak menjadi beban bagi keluarga tapi sebaliknya bisa berperan sebagai pengasuh anak cucu.2. Menyiapkan lansia agar jadi Lansia Tangguh3. Bagi Kader BKL di kampung KB, agar bisa mengimplementasikan prog Bangga Kencana dg tersedianya pusat pelayanan BKL & mampu meningkatkan PARTISIPASI KELUARGA dalam poktan.

Selengkapnya