Sumber Protein Terbaik Hewani

Posted By Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan | 12 Agustus 2021

Protein merupakan kunci nutrisi penting yang berguna untuk pembentukan sel-sel baru dalam tubuh, mempengaruhi kerja enzim, hormon, dan kekebalan tubuh. Oleh karenanya tubuh kita harus mengkonsumsi protein yang cukup bagi tubuh.

Demi memenuhi asupan kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh, Ibu perlu ketahui juga darimana sumber protein tersebut berasal. Terdapat dua sumber protein, yaitu protein nabati dan hewani. Ada beragam sumber makanan yang mengandung protein yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh sumber protein yang terbaik untuk tubuh.


1.       Daging Rendah Lemak

Daging dari sapi, kambing dan domba banyakmengandung protein juga sumber dari vitamin B12. Jika khawatir dengan kandungan lemak maka bisa mengkonsumsi daging ayam. Daging unggas memiliki lemak jenuh rendah. Pilihlah bagian dada ayam karena mengandung 30 gram protein tiap 100 gram daging ayam.

 

2.       Telur

Protein dalam telur memiliki kualitas yang sangat tinggi karena asam amino esensial yang ada dalam telur sesuai dan memenuhi kebutuhan tubuh kita. Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh disarankan mengkonsumsi putih telur karena bebas lemak dan kolesterol.

 

3.       Ikan

Daging ikan merupakan sumber protein yang sangat sehat, didalamnya mengandung beragam nutrisi. Didalamnya terdapat asam lemak omega 3, asam lemak tak jenuh, mineral dan vitamin A, D, B6 dan B12. Mengkonsumsi ikan juga membantu mengurangi resiko penyakit asma dan diabetes pada anak, juga menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

 

4.       Susu, Yogurt dan Keju

Susu dan produk hasil olahannya memang sudah lama dikenal sebagai sumber protein, kalsium dan vitamin D. Susu yang paling disarankan untuk dikonsumsi adalah susu rendah lemak, sangat baik untuk menjaga gigi dan tulang serta membantu mencegah terjadinya osteoporosis.