Launching Kegiatan Pengembangan Sapi Belgian Blue di Kabupaten Lamongan

Posted By Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan | 02 Juni 2021

Dinas Peternakan dan Keswan mengadakan kegitan Pengembangan Sapi Belgian Blue di Lamongan. Kegiatan ini ditandai dengan Launching Kegiatan Pengembangan Sapi oleh Bapak Bupati Lamongan Dr. Yuhronur Efendi, MBA di Desa Puter Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan, Rabu 2 juni 2020. Dengan didampingi oleh Wakil Bupati KH, Abdul Rouf. Diharapkan dengan dilaunchingnya kegiatan ini agar dapat meningkatkan jumlah produksi daging sapi di Lamongan.


Rangkaian Kegiatan Launching diawali dengan Bapak Bupati yang Akrap dipanggil Pak YES melakukan peninjauan stand UMKM produk olahan pangan, non-pangan, alat dan teknologi peternakan. Selain itu Pak YES juga memperagakan inseminasi buatan dengan semen beku (sperma) sapi jenis Belgian Blue yang diberikan kepada sapi peranakan jenis Limosin, kemudian menyerahkan bantuan protein hewani serta memberikan santunan kepada anak yatim.

Disampaikan oleh Kepala UPT Inseminasi Buatan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Bapak Iswahyudi bahwa Lamongan dipilih menjadi salah satu tempat pengembangbiakan sapi jenis Belgian Blue karena Lamongan dianggap sebagai salah satu kabupaten yang berkomitmen dalam pengembangan sapi jenis Blgian Blue Ini.

Beliau menambahkan bahwa akseptor sapi siap kawin di Lamongan mencapai sekitar 51 ribu ekor. Maka dari itu oleh pemprov jatim akan difasilitasi inseminasi buatan secara gratis. "Mudah-mudahan dengan adanya kawin suntik gratis ini, 2026 Indonesia akan mandiri pangan sektor daging sapi".

Bapak Iswahyudi juga menyampaikan bahwa untuk mendapatkan hasil turunan sapi jenis Belgian Blue Murni memerlukan proses sekitar 4 atau 5 tahun. "Kalau 9 bulan lagi yang lahir ini jantan, akan sama seperti Limosin Simmental, jika betina nanti dipelihara dan dikawinkan lagi dengan Belgian Blue lagi 3 sampai 4 kali Proses, baru akan lahir Belgian Blue murni".


Dalam menyambut program inseminasi gratis dari provinsidalam pengembangan sapi Belgian Blue, Bapak Bupati Yuhronur Efendimenyatakan siap membantu dalam pemenuhan beberapa sarana yang dibutuhkan, seperti Bank Sperma untuk menyimpan semen beku agar tidak terjadi kerusakan. Selain itu, Bapak Bupati juga akan  mengusahakan kedepannya Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) akan seimbang dengan Puskesmas yang ada di Lamongan.

Bapak Bupati menambahkan, "Industri peternakan Lamongan siap menjadi tulang punggung peternakan di Jawa Timur. Pemerintah daerah akan terus mempermantab support untuk terus memperbaiki peternakan di Lamongan.

Bupati YES juga menyerahkan penghargaan kepada petugas inseminasi buatan berprestasi, petugas puskeswan berprestasi, petugas pelapor terbanyak kasus penyakit hewan melalui iSIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional), petugas wilayah dengan capaian polis terbanyak, serta penyerahan polis AUTSK (Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau).

Selanjutnya, disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan Ir. Sukriyah, MM Lamongan menjadi salah satu pemasok daging provinsi dan nasional. Karena Jatim telah mencukupi kebutuhan daging nasional sebanyak 35 dari total 65 persen.

“Lamongan merupakan salah satu tulang punggung bantu pemasokan daging provinsi dan nasional. Harapannya dengan dikembangkannya Belgian Blue ini dapat meningkatkan populasi, sehingga produksi daging sapi juga dapat meningkat.”