Gentong dan Batu Pasujudan di Masjid Agung Lamongan Jadi Cagar Budaya

Peninggalan kisah panji laras dan Panji Liris di Lamongan masih terawat Seperti gentong air dan alas yang terbuat dari batu

Kedua benda itu berada di depan Masjid Agung Lamongan (MAL). Cerita tentang 2 benda ini juga sudah diketahui warga Lamongan."Peninggalan berupa gentong dan alas dari batu atau yang biasa disebut dengan batu pasujudan itu, sudah mendapatkan penetapan sebagai benda cagar budaya beberapa waktu yang lalu," kata Kabid Kebudayaan Disparbud Lamongan Miftah Alamuddin kepada wartawan, Rabu (21/4/2021).Salah satu manfaat ditetapkannya gentong dan batu pasujudan tersebut sebagai benda cagar budaya, menurut Udin, benda bersejarah tersebut kini memiliki kekuatan hukum jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pemkab bisa mengambil tindakan jika terjadi perusakan atau pencurian."Tujuan utama pemberian SK terhadap benda cagar budaya tersebut adalah sebagai upaya perlindungan dan tidak hanya itu, titik lain yang telah ditetapkan cagar budaya akan menjadi titik prioritas dalam program pelestarian cagar budaya di Lamongan," jelasnya.
Udin mengungkapkan, gentong dan alas pasujudan konon merupakan hadiah dari Dewi Andansari dan Dewi Andanwangi, Kediri. Ketika itu, Andansari dan Andanwangi datang ke Lamongan sebagai mempelai perempuan dengan membawa hadiah tersebut."Kedatangan mereka ke Lamongan saat itu untuk melamar Panji Laras dan Panji Liris, putra dari Adipati Lamongan," terang Udin.Kini, gentong dan batu pasujudan itu pun kerap dijadikan spot foto oleh warga menjelang berbuka puasa. Letaknya yang berada di depan MAL memudahkan warga untuk mengenal benda cagar budaya tersebut."Ya diabadikan Mas, biar paham sejarah Lamongan juga," kata salah seorang warga Turi, Satria.

 disparbud
 2076
 22-April-2021

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west