DINAS PARAWISATA DAN KEBUDAYAAN

Arsip Artikel

Sunan Sendang Duwur

Makam Sunan Sendang Duwur adalah salah satu wisata religi yang ada di Kabupaten Lamongan. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir salah satu tokoh penyebar agama Islam di tanah Jawa. Lokasi lengkapnya berada di atas bukit Amitunon, desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Raden Noer Rahman (nama asli dari Sunan Sendang Duwur), dulunya dikenal pernah memindahkan masjid hanya dalam waktu semalam dari mantingan ke bukit Amitunon, hingga saat ini dikenal dengan nama Masjid Sendang Duwur. Makam beliau cukup unik karena adanya perpaduan antar dua kebudayaan yaitu Islam dan Hindu. Di makam tersebut terdapat banyak ukiran-ukiran istimewa dari kayu jati yang mempunyai nilai seni tinggi, ukiran tersebut berada di area dinding penyangga cungkup pada makam tersebut.

Selengkapnya
Penampilan Tari Pada Puncak HJL

Pada setiap puncak Hari Jadi Lamongan tanggal 26 mei / berbagai kisah dan budaya Lamongan selalu ditampilkan dalam bentuk tarian utamanya saat upacara pasamuan agung digelar di Pendopo Lokatantra Lamongan.Kata Sugeng Widodo Kepala Dinas Kominfo Pemkab Lamongan, dua tarian yaitu Bedoyo Amangku Bumi dan Sendratari Panji Laras Liris merupakan tarian khas yang digali dari kisah yang dipercayai oleh masyarakat Lamongan hingga saat iniUntuk Tari Bedhaya Amangkubumi ini kata Sugeng menggambarkan semangat dan spirit perjuangan yang dilakukan oleh Maha Patih Gajah Mada dengan sumpah palapanya dalam menyatukan Nusantara.Sementara untuk Tarian Sendratari Panji Laras Liris Sugeng menjelaskan jika tarian ini menceritakan tentang kisah awal mula budaya calon mempelai wanita yang melamar calon mempelai pria di Lamongan.

Selengkapnya
Pecel Lele

Makanan yang banyak dijual oleh warga perantauan dari Lamongan ini terdiri dari ikan lele yg digoreng dengan menggunakan minyak dan disajikan bersama sambal tomat dengan terasi, sayur lalapan seperti kacang panjang, timun, kemangi, dll.

Selengkapnya
Pembinaan Pelaku Usaha Pariwisata

Rabu, 25 Mei 2022Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan melaksanakan kegiatan Pembinaan Pelaku Usaha Pariwisata yang diadakan di Tanjung Kodok Beach Resort.Dalam kegiatan ini para pelaku wisata diberi materi tentang bagaimana strategi marketing agar Usaha Pariwisata mampu menarik pengunjung dan menciptapkan branding yang unik pada setiap Usaha Pariwisata.

Selengkapnya
Drama Kolosal Nggugah

Penampilan Bapak Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan para Kepala OPD Kabupaten Lamongan dalam Drama Kolosal Nggugah "Merekonstruksi Kejayaan Lamongan" semalam.Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan Ibu Siti Rubikah turut tampil dalam Drama tersebut sebagai Nyi Andongsari.

Selengkapnya
Hari Jadi Lamongan

Keluarga Besar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan mengucapkan Selamat Hari Jadi Lamongan Ke 453Kolaborasi Mewujudkan Pembangunan InklusifLamongan Megilan 

Selengkapnya