Enter your keyword

Menjadi Tenaga Kerja Indonesia atau TKI di Luar Negeri menjadi dambaan sebagian masyarakat Indonesia pasalnya penghasilan yang diterima tiap bulan jauh lebih besar. Disamping penghasilan yang besar menjadi TKI di luar negeri juga bisa melatih kemampuan bahasa di negara tempat kita bekerja. Namun tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa bekerja di luar negeri, beberapa persyaratan harus kita penuhi, baik persyaratan administratif maupun skill atau kemampuan kita untuk bekerja pada bidang yang dibutuhkan di luar negeri.

Berikut infonews.web.id sampaikan cara untuk menjadi TKI mandiri atau perseorangan yang diambil dari sumber yang dapat dipercaya :

A. Calon TKI mencari sendiri peluang kerja di luar negeri.
• Calon TKI mandiri atau perseorangan diharuskan mencari sendiri peluang kerja di luar negeri bisa melalui internet, media massa lain atau melalui kenalan yang berada di luar negeri. Dalam hal ini Calon TKI berhubungan langsung dengan penyedia pekerjaan di luar negeri tanpa melalui perantara.
• Penyedia pekerjaan di luar negeri haruslah penyedia pekerjaan yang resmi dan memiliki badan hukum dan tidak dibenarkan Calon TKI Perseorangan bekerja pada pengguna perseorangan.
• Pihak pemberi pekerjaan mengirimkan rancangan perjanjian kerja, pelajari dengan seksama rancangan perjanjian tersebut sebelum melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja, hal ini dimaksudkan agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.
• Beberapa keuntungan menjadi TKI perseorangan diantaranya :
o Dapat memilih sendiri pekerjaan yang sesuai dengan keahlian serta ketrampilan yang dimiliki, sehingga calon TKI tidak perlu banyak belajar dari pekerjaan yang dilakukan.
o Dengan menjadi TKI perseorangan maka tidak ada pemotongan gaji oleh pihak penyelenggara atau pihak lain sehingga pengeluaran minim.

B. Prosedur penempatan calon TKI perseorangan :

• Calon TKI laporan kepada Dinas Kabupaten/Kota bidang ketenagakerjaan serta melakukan pendaftaran sebagai pencari kerja untuk didata dan selanjutnya akan mendapatkan kartu kuning (AK 1),
• Melampirkan Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup dan bukti kompetensi kerja kepada penyedia pekerjaan di luar negeri.
• Penyedia pekerjaan di luar negeri akan melakukan proses seleksi berdasarkan CV yang dikirimkan, apabila disetujui makan penyedia pekerjaan akan mengirimkan Rancangan Perjanjian Kerja.
• Apabila kedua belah pihak telah sepakat maka penyedia pekerjaan akan mengirim Rancangan Perjanjian Kerja dan Visa Kerja kepada calon TKI untuk ditandatangani.
• Calon TKI datang ke kedutaan atau perwakilan negara dimana yang bersangkutan akan bekerja untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai keberadaan dan legalitas penyedia pekerjaan dan Visa Kerja untuk selanjutnya akan diberi pengesahan oleh pihak kedutaan atau perwakilan negara yang bersangkutan.

Berikut disampaikan contoh syarat penempatan tenaga kerja Indonesia ke Korea

• Datangi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota setempat untuk mendapatkan informasi persyaratan mengenai penempatan TKI ke Korea.
• Mendaftar di Korean Language Proficiency Test (KLPT) atau Program Pelatihan Bahasa Korea dengan persyaratan sebagai berikut :
o Berusia antara 18-39 tahun
o Tidak memiliki catatan kriminal berkelakuan baik dibuktikan dengan SKCK
o Tidak sedang dilarang untuk bepergian ke luar negeri
o Mengikuti Tes KLPT yang dilakukan di tempat yang ditunjuk oleh lembaga KLPT
• Mendapatkan brosur prosedur penempatan TKI ke Korea progran G to G yang dilakukan saat pelaksanaan test KLPT.
• Mendapatkan formulir pendaftaran yang dilakukan di kantor BP3TKI yang ditunjuk dengan menunjukan sertifikat lulus KLPT dan identitas diri asli. Dan bagi yang tidak lulus masih harus mengikuti test KLPT berikutnya.
• Mengisi formulir pendaftaran dengan jelas dan benar dengan melampirkan :
o Foto copy KTP 1 lembar
o Foto copy Kartu Keluarga (KK) 1 lembar
o Foto copy ijazah 1 lembar
o Foto copy pasport yang masih berlaku
o Foto copy sertifikat tes KLPT yang masih berlaku 1 lembar
o Pas foto terbaru dengan latar warna biru, ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar, 1 lembar foto ditempel di formulir pendaftaran
o Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polisi domisili CTKI
o Asli Medical check up dari klinik/rumah sakit yang ditunjuk
o Asli Tanda Bukti Pendaftaran sebagai pencari kerja dari dinas ketenagakerjaan di kabupaten/kota (kartu AK I)
o Surat ijin asli dari :
 orang tua bagi yang belum bekerja
 wali bagi yang belum berkeluarga apabila orang tua sudah meninggal
 suami bagi istri yang bekerja ke korea
 istri bagi suami yang akan bekerja di Korea
o Izin tersebut harus diketahui Lurah atau Kepala Desa setempat.
• Memasukkan semua berkas tersebut kedalam map warna biru dan dikirim ke PO BOX 4451 JKTM 12700
• Masa tunggu Calon TKI adalah 1 tahun sejak nama-nama dikirim ke Korea
• Calon TKI yang telah mendapatkan kontrak kerja/SLC dapat dilihat di website : www.bnp2tki.go.id
• Visa/Certification Confirmation of Visa Issuance (CCVI)
• Preliminary traning dilaksanakan selama 10 hari, sambil melengkapi dokumen pemberangkatan meliputi :
o Medical Check Up
o Paspor
o Penandatanganan Perjanjian Kerja
o Apply Visa
o Tiket penerbangan ke Korea
o Asuransi perlindungan TKI
o Pembayaran PP 92 tahun 2000 dan Airport Tax
• Pemberangkatan TKI ke Korea apabila :
o TKI yang telah memenuhi dokumen
o TKI yang tiba di Korea akan mengikuti selama 3 hari 2 malam dan sekaligus medical check up ulang, jika sehat akan diserahkan ke perusahaan, jika tidak sehat akan dipulangkan ke Indonesia
• TKI bekerja
o TKI bekerja di Korea selama 3 tahun dengan perpanjangan perjanjian kerja setiap tahun
• Perjanjian Kerja selesai
o TKI yang telah bekerja selama 3 tahun menurut ketentuan pemerintah Korea harus kembali ke Indonesia dan setelah 6 bulan dapat mendaftar kembali
o Jika perusahaan masih membutuhkan agar perusahaan menguruskan dokumen penempatan, sehingga dapat berangkat kembali setelah 1 bulan di Indonesia
Demikianlah informasi mengenai Cara dan Syarat Menjadi TKI di Luar Negeri apabila ada yang kurang lengkap bisa melengkapinya dengan mengisi halaman komentar semoga bermanfaat.

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.