Enter your keyword

Sebagaimana yang telah diuraikan tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan Tahun 2016 adalah merupakan upaya pencapaian sistem akuntabilitas kinerja sebagai penyelenggara pemerintahan dan pembangunan dibidang sosial, ketenagakerjaan dan transmigrasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan, yang secara umum telah dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang dibebankan atau yang menjadi tanggungjawabnya sesuai dengan prinsip-prinsip penganggaran  yakni efektif dan efesien.

Namun demikian berdasarkan kajian evaluasi kinerja Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan yang dituangkan dalam LKjIP Tahun 2016 ini, dapat disimpulkan dan saran sebagai beikut :

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) adalah merupakan media pertanggungjawaban Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan terhadap hasil penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan sehingga dapat disimpulkan bahwa program-program yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan secara umum merupakan penjabaran RENSTRA TAHUN 2016 Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan dan Rencana Kegiatan Tahun 2016 Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan, baik terkait indikator sasaran maupun indikator kinerja yang termuat dalam Misi ke 5, 3 (tiga) Sasaran dan 9 (sembilan) Indikator sasaran.

Permasalahan dan Kendala Utama yang berkaitan dengan Pencapaian Kinerja

  • Pemenuhan program dan kegiatan target kinerja RENSTRA 2011-2016 Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan yang belum tercapai;
  • Peningkatan efektifitas program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan;
  • Penanganan bencana, pengurangan resiko bencana dan peningkatan pemberantasan penyakit menular;
  • Santunan kepada Anak Terlantar, Lanjut Usia, Penyandang Cacat, Tuna Sosial, Gelandangan, Pengemis dan Bekas Narapidana masih belum memadai.
  • Fasilitas peningkatan pengetahuan dan keterampilan kepada tokoh masyarakat, LSM dan PMKS yang berpotensi melalui kegiatan pelatihan dan penyuluhan masih terbatas.
  • Pemberian bantuan penanggulangan bencana masih belum optimal.
  • Sarana dan prasarana pemberdayaan generasi muda masih belum memadai.
  • Fasilitas penyelenggaraan panti sosial untuk kegiatan usaha produktif belum tercukupi.
  • Fasilitas Peningkatan Pendidikan dan Pelatihan kurang memadai.
  • Fasilitas Informasi Pasar Kerja dan kesempatan kerja masih belum memadai.
  • Peningkatan Pengawasan, Perlindungan dan Penagakan Hukum terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja masih belum optimal.
  • Keterbatasan dukungan dana dan fasilitas.
  • Pencepatan pertumbuhan ekonomi melalui revitalisasi Pengembangan Industri Kecil Menengah dan Pembangunan Pedesaan

Berdasarkan kajian evaluasi kinerja LKjIP Tahun 2016 Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan, prestasi yang dicapai antara lain ;

  1. Zerro Accident Tingkat Nasional Tahun 2011.
  2. Zerro Accident Tingkat Provinsi Tahun 2014.
  3. Zerro Accident Tingkat Provinsi Tahun 2015.
  4. Zerro Accident Tingkat Provinsi Tahun 2016.
  5. PKH Award katagori verifikasi terbaik Tingkat Nasional Tahun 2014.
  6. Karang Taruna “ Tunas Harapan “ Desa Mungli Kecamatan Kalitengah berprestasi Tingkat Nasional (10 Besar Tingkat Nasional) Tahun 2014.

Untuk selanjutnya guna lebih mendukung tercapainya tujuan dan sasaran, maka terhadap program-program yang telah ditetapkan dan dianggarkan khususnya terkait kebutuhan dasar masyarakat (sebagaimana RPJMD 2016-2021), disarankan perencanaannya lebih dimantapkan sehingga dapat terlaksana dengan baik.