Enter your keyword

post

Pelaksanaan JMF 2014 di GOR

Pelaksanaan JMF 2014 di GOR

Pelaksanaan Job Market Fair Tahap ke II di Kabupaten Lamongan pada tanggal 10 Desember 2014 Telah selesai dilaksanakan Oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan. Jumlah Pencari Kerja di Kabupaten Lamongan Sebanyak 30.806 orang masih belum memiliki pekerjaan  dari  618.832 angkatan kerja. Dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) mencapai 4,98 persen.

Untuk Mengatasi Persoalan tersebut diatas salah satunya adalah Bursa Kerja Terbuka (JMF) yg sudah dilaksanakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan melibatkan 42 perusahaan  diantaranya dari Lamongan dan Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Jombang.  Dinas Sosiasl, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan menggelar bursa kerja terbuka, Job Market Fair (JMF) di GOR jalan Basuki Rahmat  pada hari Rabu 10 Desember 2014 pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai.

Kepala Dinsosnakertrans Bpk. Dr.Imam Trisno Edy,MM pada acara JMF yang dibuka langsung oleh Bapak Bupati (Fadeli)  mengungkapkan bahwa,  jumlah lowongan kerja yang ditawarkan oleh perusahaan sebanyak 6.916 lowongan Pekerjaan, Terdiri dari 6.310 lowongan kerja dalam negeri dan 606 lowongan kerja luar negeri.

Sedangkan jumlah pencari kerja yang mendaftar sebanyak.188 orang. Pelamar ini berasal dari Lamongan, tetapi juga dari Tuban, Bojonegoro dan Gresik.

Pelamar ini terdiri dari berbagai kualifikasi. Yakni berpendidikan SMA  sederajat, 485 orang berpendidikan DI/DII/DIII, 60 Orang dan 439 orang atau  berpendidikan S1/S2.

Penduduk Lamongan sebanyak 1.185.962 jiwa di tahun 2012. Sementara angkatan kerja sebanyak 618.831 orang dan sebanyak 30.806 orang, atau 4,98 persen adalah pengangguran.  Padahal pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lamongan tahun lalu sebesar 7,12 persen. Ini tentu menjadi PR yang harus diselesaikan bersama semua pihak.

Sementara itu Bapak Bupati Lamongan (Fadeli) saat membuka acara JMF 2014 menyatakan,  Pemerintah Daerah akan memberikan berbagai kemudahan bagi investor baik lokal maupun luar untuk berinvestasi di Lamongan sehingga bisa membuka lowongan kerja baru. Yakni dengan mempermudah dan mempercepat pelayanan perijinandi Badan Penanaman Modal dan Perijinan.

Tahun ini  Pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) sudah mencapai 95% yang dijadwalkan akan selesai di tahun 2014.  Sehingga nantinya diharapkan Tenaga Kerja atau Pencari Kerja yang ada di Lamongan ini terampil dan siap menuju Persaingan Pasar Bebas baik di wilayah Lamongan maupun di luar daerah.

Bapak Bupati Lamongan (Fadeli) berharap Bursa Kerja Terbuka (JMF)  dapat memberikan informasi kepada pencari kerja mengenai adanya peluang kerja. Sekaligus membantu perusahaan dalam merekrut tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai dengan kualifikasi keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan.

Leave a Reply