Enter your keyword

post

Sosialisasi Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik

Sosialisasi Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik

Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik
Terdepan
dalam e-government di Kabupaten Lamongan

 

entriSetelah 2 (dua) tahun berturut-turut meraih peringkat terbaik kedua dalam pengelolaan website SKPD se Kabupaten Lamongan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan pada Tahun 2014 ini ingin menjadi yang terdepan dalam perwujudan e-government di Kabupaten Lamongan yaitu dengan menerapkan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik secara online yang mulai diterapkan pada tanggal 25 Agustus 2014.

Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan kepemerintahan yang baik (good governance ),  maka perlu dikembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan tekhnologi informasi (e-government) yang menjadi salah satu program percepatan reformasi birokrasi di bidang Penataan Tata Laksana.

Berdasarkan Instruksi  Presiden  Nomor  3  Tahun  2003 tentang  Kebijakan  dan  Strategi  Nasional  Pengembangan  e-government, di-instruksikan kepada Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah   agar memanfaatkan  teknologi  informasi  dan komunikasi  dalam  proses  pemerintahan ( e-government )  sehingga dapat meningkatkan  efisiensi,  efektifitas,  transparansi  dan akuntabilitas  penyelenggaraan  pemerintahan  dalam mewujudkan  tata  kelola  pemerintahan  yang  baik  (Good Governance).

Sejalan dengan tuntutan akan modernisasi administrasi pemerintahan guna mempercepat dan mempermudah penyelesaian dokumen dan surat dinas instansi pemerintah dan untuk  dapat  menjalankan  tugas-tugasnya  dengan  baik,  maka  setiap  instansi  pemerintah pusat  dan  daerah  sudah  seharusnya  didukung  oleh  sistem  administrasi  yang  memadai, karena  kesempurnaan  dan  kelengkapan  sistem  administrasi  merupakan  salah  satu kebutuhan  yang  penting  disetiap  organisasi  atau  instansi  pemerintah.simulasi

Salah satu bagian dari pelaksanaan  e-government adalah menerapkan  pengelolaan naskah dinas yang berbasis tekhnologi informasi.

Menyadari akan perkembangan tekhnologi informasi di era globalisasi pada saat ini, maka penerapan tata naskah elektronik menjadi sebuah tuntutan yang sangat urgen. Tata Naskah Dinas Elektronik atau yang disingkat TNDE merupakan bagian dari e-goverment  yang akan  membawa perubahan pelaksanaan tata laksana  suatu  instansi/SKPD. Dengan menerapkan Tata Naskah Dinas Elektronik, diharapakan dapat memperoleh manfaat antara lain :

  1. Meningkatkan  pelayanan administrasi tata naskah dinas  yang cepat, murah dan efisien yang mendukung agenda reformasi di bidang tatalaksana melalui penerapan  tekhnologi informasi ( e -Government).
  2. Memudahkan pelacakan keberadaan dan status naskah dinas 
  3. Dapat  secara  langsung memonitor  naskah  dinas,  alur  naskah  dinas,  dan  mengetahui status/tindak lanjut naskah dinas.
  4.  Mengurangi resiko kehilangan naskah dinas.  Semua informasi naskah dinas terekam dan tersimpan dalam server   yang  di  backup  secara  berkala,  maka  resiko  kehilangan, kerusakan, dan salah simpan atau alasan lain dapat dikurangi.

Kelebihan dan keunggulan aplikasi tata naskah dinas lektronik yang diterapkan pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lamongan adalah merupakan  aplikasi yang dapat diterapkan  secara online dengan tujuan apabila Kepala Dinas dan semua pejabat struktural dibawahnya maupun staf yang sedang melakukan tugas perjalanan dinas baik dalam daerah maupun luar daerah tetap dapat mengakses aplikasi setiap saat dan melakukan pengambilan keputusan meskipun tidak berada di Kantor. Aplikasi  ini msimulasi3erupakan yang pertama diterapkan di Kabupaten Lamongan. Dengan demikian Dinsosnakertrans kabupaten Lamongan merupakan yang terdepan dalam pengelolaan naskah dinas elektronik secara online.

Beberapa faktor yang mendukung keberhasilan aplikasi ini antara lain :

  1. Adanya Komitmen dan Dukungan langsung dari Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Lamongan baik berupa dukungan moral dengan penekanan  kepada semua pejabat struktural dan staf untuk mendukung aplikasi  ini maupun dukungan alokasi anggaran dalam pelaksanaannya;
  2. Peran stakeholder terkait yaitu Kantor Pengolahan Data Elektronik (PDE) Kabupaten Lamongan sangat penting dan merupakan salah satu kunci keberhasilan aplikasi  ini, karena SKPD tersebut yang berperan dalam menyediakan software (perangkat lunak) aplikasi tata naskah dinas elektronik.
  3. Adanya kerjasama yang solid antara Tim Pelaksana dan stakeholder  internal dalam pelaksanaan aplikasi ini;
  4. Kemauan dan Kesiapan SDM dalam menerapkan aplikasi tata naskah dinas elektronik.

Leave a Reply