Enter your keyword

Visi Misi

VISI :

“ TERWUJUDNYA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT LAMONGAN MELALUI PENINGKATAN SEKTOR INDUSTRI, PERDAGANGAN, KOPERASI DAN UKM YANG TANGGUH DAN MANDIRI DENGAN DILANDASI KEBERSAMAAN DAN PEMBERDAYAAN  MASYARAKAT “

Penjelasan Visi :

Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kabupaten Lamongan sebagai unsur pelaksanaan Pemerintah Kabupaten di bidang Koperasi, Industri dan Perdagangan serta Promosi & Pemasaran maka harus dapat membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan kewenangan Otonomi Daerah Kabupaten dalam rangka pelaksanaan tugas desentralisasi di bidang Koperasi, Industri dan Perdagangan serta Promosi & Pemasaran secara efektif dan efisien baik dari segi prosedur kerja, kecepatan dan ketepatan dalam memberikan pelayanan, yang mengandung pernyataan tentang niat sungguh – sungguh yang telah mendahulukan pelayanan administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan.

Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kabupaten Lamongan harus mampu merumuskan kebijakan dan menyusun perencanaan pembangunan serta pembinaan di Koperasi, Industri dan Perdagangan serta Promosi & Pemasaran yang dapat dijadikan sebagai pedoman kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

MISI  :

Untuk mewujudkan Visi tersebut, Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan Kabupaten Lamongan telah menyusun Empat Misi, antara lain sebagai berikut :

  1. 1.       Meningkatkan dan mengembangkan teknologi mutu produk Industri Kecil dan  menengah, Perdagangan dan sistem distribusi barang dan jasa.

Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Lamongan, maka perhatian utama dengan mengembangkan teknologi mutu produk IKM dan Pembinaan kepada pedagang agar dapat bersaing sehat yang berwawasan lingkungan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dengan berbasis ekonomi kerakyatan.

  1. 2.       Memberdayakan Koperasi – UKM menjadi pelaku ekonomi yang tangguh dan mandiri.

Untuk memberdayakan Koperasi – UKM sebagai pelaku Ekonomi yang tangguh dan mandiri , maka dilakukan pembinaan, latihan dan Diklat kepada pengelolaan lembaga Koperasi – UKM agar dapat lebih proposional dalam mengelola dibidang usahanya dengan melibatkan peran aktif anggota dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan serta fasilitas guna meningkatkan usahannya.

3.   Meningkatkan dan memfasilitasi dukungan Permodalan kepada kelompok Industri Kecil dan menengah, Lembaga Koperasi dan UKM melalui kerja sama dan pola Kemitraan.

Upaya untuk meningkatkan Usaha baik kepada Kelompok IKM maupun lembaga Koperasi – UKM sangat diperlukan Fasilitas Dukungan Permodalan melalui kerja sama, dalam kemitraan dengan perbaikan BUMN. BUMD maupun Badan Usaha Swasta lainnya guna mendorong laju Pertumbuhan Ekonomi masyarakat demi Kesejahteraan Masyarakat.

4.   Meningkatkan Kemampuan SDM Kelompok Industri Kecil, Perdagangan dan Koperasi – UKM menjadi tenaga Profesional.       

Misi ini dimaksudkan agar SDM Kelompok IKM, Pedagang dan Pengelola Koperasi UKM sebagai pelaku Utama Ekonomi Kerakyatan dalam mengelola jenis usahanya agar dapat lebih profesional dan dapat berdaya guna serta bersaing sehat untuk meraih pasar, sehingga akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.