Enter your keyword

Bidang Sekretariat

Sekretariat adalah unsur staf yang dipimpin oleh seorang bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.

Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan urusan administrasi umum, perlengkapan, kerumahtanggaan, keuangan dan program.

Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. pengelolaan administrasi umum ;
  2. pelaksanaan urusan kerumahtanggaan dan perlengkapan ;
  3. pelaksanaan urusan organisasi, tatalaksana dan kehumasan ;
  4. pelaksanaan urusan keuangan ;
  5. pelaksanaan urusan Program ;
  6. pelayanan teknis administratif kepada Kepala Dinas dan semua satuan unit kerja di lingkungan dinas
  7. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Sekretariat

[accordion][accordion_item title=”Sub Bagian Umum”]

  • melaksanakan pengelolaan urusan surat menyurat, pengetikan, penggandaan dan tata usaha kearsipan;
  • mengurus administrasi perjalanan dinas dan tugas-tugas keprotokolan;
  • melaksanakan urusan rumah tangga, keamanan kantor dan penyelenggaraan rapat dinas;
  • merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana dinas;
  • melaksanakan pengeIoaan inventarisasi dan pemeliharaan barang-barang dinas;
  • melaksanakan pengelolaan urusan organisasi dan tatalaksana
  • melaksanakari tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

[/accordion_item][accordion_item title=”Sub Bagian Keuangan”]

  • menghimpun data dan menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan anggaran keuangan;
  • melaksanakan pengelolaan keuangan termasuk pembayaran gaji pegawai dan hak-haknya;
  • melaksanakan verifikasi pengelolaan anggaran belanja dinas;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

[/accordion_item][accordion_item title=”Sub Bagian Program “]

  • mengumpulkan, menginventarisir dan mensistemasikan data dalam rangka perumusan dan penyusunan program pembinaan kegiatan-kegiatan dinas;
  • mengolah, menganalisis, serta menyiapkan bahan untuk pembinaan, pelaksanaan kegiatandan penyusunan program dinas;
  • mengolah, memelihara dan menyajikan data kegiatan dinas;
  • menyiapkan bahan dalam rangka menyusun rencana program-program kegiatan serta bahan-bahan rapat koordinasi dinas;
  • menyusun program dan rencana kegiatan dinas;
  • menyusun rencana anggaran dan analisa kebutuhan sarana dan prasarana kegiatan dinas bersama sub bagian/seksi terkait;
  • melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan hasil-hasilnya;
  • mempelajari dan menganalisa realisasi hasil kegiatan dan permasalahan dengan memperhatikan program dan rencana kerja dinas;
  • menyusun hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan dan permasalahan sebagai bahan penyusunan program selanjutnya;
  • mempelajari data dan informasi dari hasil kegiatan program-program yang telah dianalisa/diolah;
  • menyusun data program dan hasil kegiatan program dalam bentuk statistik;
  • menyusun laporan berkala tentang pelaksanaan program dan kegiatan din as;
  • menyiapkan bahan publikasi program dan hasil-hasilnya bagi masyarakat luas;
  • membantu mengkoordinasikan penyusunan rencana strategis dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dinas;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya

[/accordion_item][/accordion]