Enter your keyword

post

Pengrajin Gerabah Dilatih

Pengrajin Gerabah Dilatih

Desa Gedangan Kecamatan Maduran merupakan sentra industri grabah (terbuat dan tanah). Selain bahanya berupa tanah liat cukup banyak, pembuatannya juga cukup sederhana. Agar mendapatkan nilal tambah dari grabah ini maka selama tiga hari mulal tanggal 23 Nopember 2015 bertempat di Balai Desa setempat diselenggarakan pelatihan bagi pengrajin grabah.
Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Kopindag) Lamongan Drs. Gunadi, S Sos, MSi pada saat membuka acara ini berpesan, grabah dari Gedangan kedepan harus bisa Iebih tinggi nilainya dari sekarang ini. Bila selama ini pasarnya hanya lokal, maka setelah pelatihan ini diupayakan bisa menasional. “Mungkin sejak zaman Belanda dulu warga Desa Gedangan sudah menjadi ahhinya membuat bermacam-macam jenis grabah. Mulai dari cowek, pengaron juga padasan (tempat air untuk wudlu). Anehnya dari dulu juga pancet atau tetap seperti itu. Cobalah mari kita membuka wawasan agar grabah karya warga desa Gedangan ini bisa masuk pasaran yang lebih luas lagi bahkan bisa masuk ke kanton-kanton atau rumah-rumah mewah. Caranya tentu harus dibuat sesuatu yang indah, menarik sehingga pantas kalau diletakan pada tempat¬tempat yang khusus,” harapnya.
Dibagian lain Gunadi juga mengatakan era MEA berlaku mulai 1 Januari 2016, sehingga di butuhkan peningkatan kualitas produk apa saja dan pengrajin tidak terkecuali juga grabah. Setelah pelatihan maka diharapkan muncul para desainer baru grabah sehingga akan melengkapi karya warga Gedangan ini. Bisa unik dan menarik sehingga merangsang orang untuk memilikinya.gerabah 2
Ditempat yang sama Camat Maduran Drs. Said, MM menyampaikan, grabah hasil karya warga Desa Gedangan selama ini juga sudah lumayan hasilnya. Banyak penjual tempe penyet, sambel lele itu coweknya adalah buatan warga sini. Namun kedepan tentu jangan hanya berkutat disitu terus dan memang perlu peningkatan wawasan sumber daya manusianya (SDM). Dengan penyelenggaraan pelatihan seperti ini kami sangat berterima kasih karena ada ilmu baru untuk mendukung peningkatan daya kreasi dan inovasi para pengrajin.

Some Toughts (1.540)

Add your review