Mei

27

 2022

Drama Kolosal Nggugah Menjadi Media Penyalur Spirit Menuju Kejayaan Lamongan

 diskominfo
 877
 27-Mei-2022



Penampilan spesial dari Bupati Lamongan Yuhronur Efendi beserta OPD Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam membawakan drama kolosal "Nggugah" pada Kamis (26/5) di halaman Kantor Pemkab Lamongan, merupakan bentuk dari penyaluran spirit kejayaan dari masa lampau kepada masyarakat saat ini.

"Berbagai kegiatan pada HJL 453 ini kita telah berhasil melaksanakan dengan baik. Melalui ini pula kita bisa menggairahkan semangat masyarakat Lamongan setelah pandemi yang melanda. Mari melakukan kolaborasi yang inklusif untuk menuju kejayaan Lamongan yang berkeadilan," tutur Pak Yes.

Kisah yang ditulis oleh sutradara muda dari komunitas seniman muda Kabupaten Lamongan Sendakala rupanya terinspirasi dari penghargaan yang diraih Lamongan tingkat Nasional kategori tokoh pemerintahan daerah dari Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) pada peringatan Hari Pers Nasional 2022 di Kendari yang digelar Februari lalu.

"Ide penulisan naskah ini terinspirasi dari penghargaan yang didapat Bapak Bupati Lamongan dari PWI Award 2022, kategori tokoh pemerintahan daerah dari anugerah kebudayaan. Tentang bagaimana Bupati Lamongan dalam merekontruksi kejayaan dari masa Airlangga, Gajah Mada, dan Adipati Lamongan pertama yaitu Rangga Hadi. Dari kisah itu kita berusaha mengangkat spirit masyarakat Lamongan atau istilahnya untuk menggugah penonton agar terinspirasi menuju kejayaan Lamongan," terang Ahmad Shodiq saat melakukan dialog dengan Radio Suara Lamongan.

Dalam bahasa pewayangan, "Nggugah" masuk dalam kategori cerita banjaran. Yangmana mengisahkan tentang pelarian Prabu Airlangga hingga bisa sampai di tanah Lamongan dan memulai peradaban baru di Lamongan, dilanjut dengan kisah kelahiran patih besar Gajah Mada, ada kedernawanan Sunan Drajat yang mampu mengubah pola hidup pantura menuju ajaran agama Islam, dan ditutup cerita Rangga Hadi atau Mbah Lamong.

Selain menjadi media untuk menyalurkan spirit untuk warga Lamongan, pertunjukan ini juga merupakan tantangan untuk para OPD yang memerankan tokoh agar mampu menjadi pribadi yang totalitas dalam segala hal.

"Ini hal baru untuk kita para OPD, namun ini merupakan tantangan besar. Bagaimana kita menunjukkan kepada masyarakat Lamongan bahwasanya kami sebagai pemerintah terlibat dan mau berusaha untuk mewujudkan totalitas pertunjukam HJL," tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Zamroni yang memerankan tokoh Patih Gajah Mada.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023