DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Menuju Lamongan Inklusif, Forum P2HD Dikukuhkan

Memberikan wadah bagi kaum disabilitas, Kabupaten Lamongan membentuk Forum Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas (P2HD). Forum yang dibentuk berdasarkan aspirasi dari para disabilitas untuk mewujudkan Lamongan yang inklusif tersebut dikukuhkan oleh Bupati lamongan, Yuhronur Efendi di Pendopo Lokatantra, kamis (27/1).

Terpilih sebagai ketua yang dikukuhkan pada kesempatan tersebut, Tri Febri Khoirul Nidhom menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan yang telah mewujudkan impian seluruh penyandang disabilitas di Kabupaten Lamongan.
“Harapannya nanti melalui forum ini akan ada aspirasi untuk menuju Lamongan inklusif dan ramah disabilitas,sebagaimana tujuan dibentukanya forum P2HD ini, ” ujar Irul panggilan akrab nya.

Sementara Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam sambutannya mengakui bahwa layanan publik di Kabupaten Lamongan belum optimal untuk penyandang disabilitas. Pak Yes mencontohkan, masih ada trotoar yang belum dilengkapi dengan fasilitas yang ramah disabilitas. Demikian juga toilet di tempat umum yang masih belum bisa dimasuki kursi roda karena sempit sehingga sulit diakses bagi disabilitas.

Hal tersebut, kata Pak Yes, menjadi perhatian semuanya ke depan memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada penyandang disabilitas sehingga Lamongan benar-benar ramah disabilitas dan inklusif. Yakni pembangunan yang memberikan dampak bagi siapa saja, utamanya pembangunan insfrastruktur yang berpihak pada disabilitas. Hal tersebut sesuai dengan visi Kabupaten Lamongan dalam RPJMD Menuju Kejayaan Lamongan Yang Berkeadilan.

“Karenanya melalui forum P2HD ini nantinya menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi, sehingga memberikan dorongan kepada pembuat kebijakan untuk melahirkan kebijakan yang lebih berpihak pada kaum disabilitas, baik di bidang pendidikan, ekonomi maupun bidang-bidang lainnya,” ujar Pak Yes.

Pada kesempatan tersebut, usai dilakukan pengukuhan juga dilakukan focus group discussion (FGD) dengan narasumber Luluk Ariyantini, Ketua yayasan Pelopor Disabilitas Situbondo. Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Abdul Rouf, Sekretaris daerah Nalikan, serta kepala OPD Terkait.