DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Awarding Kearsipan Internal: Wujud Kinerja Tata Kelola Arsip

Pemerintah Kabupaten Lamongan berkomitmen mewujudkan birokrasi efektif dan efisien dengan pengelolahan kearsipan yang dinamis. Dinas Kerasipan Lamongan menggelar acara Awarding Kearsipan Internal sebagai upaya mendorong para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meningkatkan tata pengelolahan arsipnya.

Kepala Dinas Kearsipan Lamongan Gunadi mengatakan, terjadi peningkatan tertib arsip 68 OPD pada tahun 2021.

"Di tahun 2021 ini tertib arsip OPD mengalami kenaikan jika sebelumnya di tahun 2020 tak satupun OPD berkategori baik di tahun 2021 menjadi sebanyak 31,7% sedangkan untuk kategori cukup yang sebelumnya 12,19% menjadi 43,9% di tahun 2021," jelasnya dalam acara yang digelar di Gedung Pemkab Lamongan Kamis, (2/12/2021).

OPD yang memperoleh penghargaan arsip terbaik dalam audit internal, yakni Sekretariat DPRD Lamongan, Dinas Perpustakaan Daerah, dan Dinas Pemuda dan Olahraga. Kemudian, untuk kecamatan, yakni Lamongan, Ngimbang, dan Karanggeneng.

Bupati Yuhronur yang menghadiri acara tersebut, mengapresiasi capaian prestasi OPD Lamongan baik di tingkat regional maupun nasional dalam tata kelola kearsipan.

"Dilakukannya awarding kearsipan internal di Kabupaten Lamongan ini tentu harapannya nantinya akan memiliki dampak yang besar, sehingga Lamongan ini memiliki ketersediaan arsip yang terpercaya, yang otentik, dan handal," katanya.

Diketahui, Dinas Kearsipan Kabupaten Lamongan menduduki peringkat ketiga di Jawa Timur dari 38 Kabupaten di Provinsi Jawa Timur.