DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Literasi Media & Informasi dan Citizenship

Era digital saat ini dapat mengubah bagaimana masyarakat menggunakan informasi untuk berbagai kebutuhannya. Termasuk dalam berhubungan dengan orang lain di masyarakat. Teknologi memungkinkan informasi sangat mudah diperoleh dan disebarkan oleh setiap individu. Hal ini disebabkan individu memiliki kekuasaan besar untuk mengelola informasi yang didapatkan. Informasi sangat vital bagi setiap individu menentukan sikap dan tindakannya, termasuk terkait dengan fakta bahwa setiap individu hidup dalam relasinya dengan individu lain. 

Literasi media dan informasi (LMI) berkaitan dengan citizenship  yang bergantung pada tersedianya pengetahuan masyarakat yang tidak bisa terlepas dari informasi yang ada, sehingga bagaimana informasi dikomunikasikan dan diakses berperan penting bagi eksistensi suatu masyarakat. Literasi media dan informasi adalah pendidikan seumur hidup. 

Media dikenal sebagai alat bantu bagi warga negara untuk mengambil keputusan yang berbasis informasi. Dengan bertujuan untuk kesadaran kritis, diskusi pilihan kritis dan aksi sosial. Literasi media hadir sebagai benteng bagi khalayak agar lebih kritis terhadap isi media, sekaligus menentukan informasi yang dibutuhkan dari media. Oleh karena itu, LMI saat ini menjadi kebutuhan dasar di era digital. Dengan kata lain, literasi media dan informasi ini bertujuan sebagai alat perubahan sosial ke arah yang lebih baik dalam berhubungan dengan dunia media dan informasi digital. Namun, kesadaran kritis yang paling utama memberikan manfaat bagi khalayak untuk mendapat informasi secara benar terkait coverage media dengan membandingkan antara media yang satu dengan yang lain secara kritis. Kesadaran kritis khalayak atas realitas media menjadi tujuan utama dari literasi media.

Jenis Pendidikan sangat luas, termasuk soal citizenship di mana setiap warga negara perlu berpartisipasi persoalan media dan informasi. Warga negara harus memiliki kompetensi (knowledge, skills, and attitudes) untuk berhubungan dengan media dan informasi. Tujuan utama dari kompetensi di atas adalah mewujudkan warga negara yang partisipatif di dalam persoalan sosial-politik.

Selengkapnya dapat anda baca di modul Literasi Media & Informasi dan Citizenship yang dapat di unduh melalui pranala http://literasidigital.id/books/literasi-media-informasi-dan-citizenship/.