DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Literasi Game Untuk Remaja dan Dewasa

Manusia lahir seiring dengan keinginan bermain. Manusia dalam kehidupan berbudaya akan selalu ingin bermain. Dari permainan fisik yang membutuhkan tatap muka hingga permainan dengan media virtual. Video game hadir sebagai sebuah media yang menawarkan kesenangan. Mungkin para remaja dan dewasa sudah tidak asing lagi dengan istilah game

Kemampuan gamers dalam mengakses, menyeleksi, dan memahami video game berhubungan dengan pengalaman pribadi, terutama pertama kali mengenal video game. Awal mulanya dengan memainkan arcode yang sederhana dengan menggunakan console sejuta umat. Namun, permainan arcode sekarang mulai ditinggalkan. Televisi mulai menghiasi rumah, berkolaborasi dengan console seperti Nitendo, Sega, Super Nitendo hingga Playstation. Hingga saat ini video game terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang mendukungnya. Teknologi makin memanjakan pemain dengan kualitas perangkat yang apik. Apalagi teknologi game PC, misalnya turut berkembang dengan kualitas hardware

Pengguna kemudian mulai memahami daya Tarik dan manfaat dari video game. Paparan manusia dalam memainkan video game mungkin tidak sebanyak dari media lain, seperti internet atau televisi. Namun, dengan adanya akses gawai telepon pintar yang membuat aplikasi permainan, maka akses manusia dengan video game menjadi lebih mudah dan dapat memainkan permainan di telepon pintar kapan saja dan di mana saja. Hal ini dapat menjadikan durasi pemakaian video game yang meningkat. Pada remaja dan dewasa, dampak dari durasi permainannya berbeda dengan anak- anak.

Bermain video game secara rutin dan terus menerus memberikan dampak bagi gamers. Dampak video game bagi dewasa dan remaja sedikit berbeda dengan anak-anak. Perbedaan ini memungkinkan pendekatan yang berbeda terkait literasi video game bagi dewasa dan remaja. Perlu pemahaman mengenai dampak negatif dan positif serta optimalisasi video game.

Selengkapnya dapat anda baca di modul Literasi Game Untuk Remaja dan Dewasa yang dapat di unduh melalui pranala https://literasidigital.id/books/literasi-game-untuk-remaja-dewasa/.