DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Bakti Sosial, PWI Sosialisasi Sertifikat produksi Pangan IKM dan UMKM

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamongan menggelar bakti sosial dengan melakukan sosialisasi ihwal SPP-IRT kepada para pelaku usaha IKM (Industri Kecil Menengah) dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Balai Kecamatan Sekaran, Senin (18/10).

Melansir umkmindoensia.id, sertifikat Produksi Pangan – Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) adalah jaminan tertulis yang diberikan oleh Bupati/Walikota —melalui Dinas Kesehatan— terhadap pangan hasil produksi Industri Rumah Tangga yang telah memenuhi persyaratan dan standar keamanan tertentu, dalam rangka produksi dan peredaran produk pangan.

Ketua PWI Kabupaten Lamongan, Bahtiar Febrianto, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan mendukung program pemerintah Kabupaten Lamongan untuk menggerakan kembali perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Dan juga sebagai bentuk kepedulian wartawan bagi masyarakat.

"Bahwa kegiatan ini menunjukkan kepada masyarakat bahwa wartawan yang benar itu adalah yang bermanfaat untuk masyarakat, bukan malah merugikan atau menakut-nakuti masyarakat," jelasnya.

Kemudian, Bupati Yuhronur menanggapi secara positif kegiatan tersebut karena dapat memberikan edukasi bagi para pelaku IKM dan UMKM tentang pentingnya SPP-IRT untuk perluasan pasar produksi industri Rumah Tangga.

"Terkait P-IRT ini akan terus kami kembangkan, karena dengan kepemilikannya mereka bisa berjualan di luar daerah, online, bisa memasukkan ke oko-toko waralaba, dan sebagainya. Manfaatnya sangat besar sekali bagi UMKM yang ada di Kabupaten Lamongan,” katanya saat hadir dalam acara tersebut bersama jajaran pegawai Pemkab Lamongan.

Ia juga mengatakan akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait agar dapat mempercepat dan mempermudah bagi para pelaku Industri Rumah Tangga untuk memilliki sertifikat ini.