Oktober

13

 2021

Panduan Internet Untuk Pemberdayaan UMKM

 diskominfo
 1372
 13-Oktober-2021

Salah satu strategi untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) saat ini adalah melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang akan mendorong percepatan usaha dan membuka banyak peluang di antaranya memperluas jangkauan pangsa pasar, mempercepat proses bisnis, mendapatkan informasi yang lebih cepat, mudah mendapatkan referensi untuk peningkatan daya saing produk, dan pemasaran produk lebih mudah dan hemat biaya.  Salah satu sarana TIK yang paling mudah diperoleh dan digunakan saat ini adalah gadget berupa smartphone atau tablet. Semakin tinggi penggunaan gadget akan berpengaruh juga pada perkembangan aplikasi media sosial. Media sosial sebagai media interaksi antar pengguna yang efektif dan efisien. Sehingga pengguna dapat melakukan kegiatan berbagi informasi, diskusi, unggah, dan distribusi informasi bahkan bermain game secara mudah dan cepat.

Salah satu titik fokus dalam pemberdayaan UMKM dengan berbasis TIK adalah peningkatan daya saing. Di era persaingan sekarang ini, peran TIK sangat menentukan dalam pemberdayaan UMKM. Bisa dibayangkan jika suatu usaha tanpa ditopang oleh penggunaan TIK ini, maka dapat dipastikan bahwa UMKM akan sulit berkembang. UMKM sebaiknya dibekali kemampuan berkolaborasi dengan pelaku bisnis lain memanfaatkan TIK. Kehadiran TIK dapat mengubah cara dalam bisnis dengan memberikan peluang dan tantangan baru yang berbeda dengan cara konvensional. 

Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, pemerintah melakukan pemberdayaan UMKM. Melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam menjalankan bisnis atau sering dikenal dengan istilah e-commerce, bagi perusahaan kecil dapat memberikan fleksibilitas dalam produksi. Hal ini memungkinkan pengiriman ke pelanggan secara lebih cepat untuk produk perangkat lunak, di mana hal ini sangat mendukung dalam masa pandemi karena UMKM tetap bisa berjalan. Dengan mengirimkan dan menerima penawaran secara cepat dan hemat, serta mendukung transaksi cepat tanpa kertas. 

Pemanfaatan internet memungkinkan UMKM melakukan pemasaran dengan tujuan pasar global, sehingga peluang menembus ekspor terbuka sangat luas. Dengan pemanfaatan TIK bagi UMKM, akan mendukung dalam rangka peningkatan daya saing di pasar global keberadaan UMKM saat ini telah terbukti memiliki sumbangsih bagi perekonomian nasional. 

Beberapa pemanfaatan gadget bagi UMKM di antaranya adalah pengelolaan surel, media sosial pada gadget, dan membangun branding image.

Selengkapnya dapat anda baca di modul Panduan Internet Untuk Pemberdayaan UMKM yang dapat di unduh melalui pranala https://literasidigital.id/books/panduan-internet-untuk-pemberdayaan-umkm.


PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023