Agustus

09

 2021

Dukung Gerakan Lamongan Menghafal Al Qur'an, Pemkab Lamongan Siapkan Beasiswa Bagi Anak-Anak yang Hafal 30 Juz Al Qur'an

 diskominfo
 2030
 09-Agustus-2021

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Lamongan bekerjasama dengan 50 lembaga sekolah (SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA) di Kabupaten Lamongan menggelar Wisuda Tahfidz Ke-1 Gerakan Lamongan Menghafal Al Qur'an Tahun 2021. Wisuda ini, di tengah kondisi pandemi Covid-19,  digelar secara virtual di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan pada Senin, 9 Agustus 2021. Kegiatan ini juga diikuti dari 50 titik lembaga sekolah di Kabupaten Lamongan secara virtual serta dapat disaksikan melalui kanal Youtube Lamongan TV.

Dalam laporannya, Ketua LPTQ Kabupaten Lamongan, Moh. Nalikan, menyampaikan bahwa kegiatan wisuda tahfidz ini dimaksudkan untuk memotivasi siswa dan siswi untuk mencintai Al Qur'an, yakni dengan mempelajari, menghafal, dan menjadikan Al Qur’an sebagai tuntutan hidup sehingga dapat terwujud generasi-generasi Al Qur’an yang tangguh dan berakhlak mulia dan dapat mencetak semakin banyak penghafal-penghafal Al Qur’an di Kabupaten Lamongan.

Wisuda Tahfidz Ke-1 Gerakan Lamongan Menghafal Al Qur'an Tahun 2021 kali ini diikuti oleh total 2161 wisudawan dengan rincian sebanyak 2032 siswa yang tediri dari 177 siswa SD/MI dan 188 siswa SMP/MTs yang lulus pada ujian tahap ke-1 yang dilaksanakan pada bulan Februari-Mei 2021 dan 129 siswa SMP/MTs yang lulus pada ujian tahap ke-2 yang dilaksanakan pada tanggal 12-31 Juli 2021.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut berharap kegiatan wisuda tahfidz ini dapat membawa keberkahan dan membawa cahaya qur'ani di Kabupaten Lamongan sehingga Kabupaten Lamongan dan seluruh masyarakatnya akan senantiasa mendapatkan cahaya dan ridho dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Bupati Yuhronur berkomitmen mendukung penuh Gerakan Lamongan Menghafal Al Qur'an sehingga diharapkan gerakan ini membumi dan menjadi kebiasaan masyarakat Kabupaten Lamongan. Bupati juga berpesan kepada para wisudawan agar terus menjaga dan meningkatkan hafalannya.

"Menghafal tentu sulit dan menjaga hafalan ini tentu lebih sulit lagi. Untuk itu, terus dipelihara hafalannya agar bisa menjadi lebih baik dan lebih menjiwai lagi sehingga Al Qur'an ini bisa menjadi cahaya bagi anak-anakku semuanya," pesan Bupati Yuhronur kepada para wisudawan.

Bupati Yuhronur juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Lamongan ke depannya telah menyiapkan secara khusus beasiswa hingga jenjang pendidikan Strata-2 (S2) bagi anak-anak yang hafal 30 juz Al Qur'an.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yuhronur juga memberikan santunan kepada 10 anak yatim piatu yang orang tuanya telah meninggal karena Covid-19. Bupati Yuhronur juga memberikan penghargaan kepada peserta terbaik yang memiliki hafalan 17 juz Al Qur’an, yakni Nur Jihan Farikha, siswi SMPN 2 Lamongan. Selain itu, Bupati Yuhronur bersama Wakil Bupati Abdul Rouf dan jajaran Forkopimda melakukan interaksi dengan peserta wisuda dalam bentuk sambung ayat. 

Dalam kegiatan ini juga hadir Deddi Nordiawan, penggagas Gerakan Lamongan Menghafal Al Qur’an, untuk memberikan motivasi kepada para wisudawan. Ia mengatakan bahwa ada tiga hal yang perlu dijadikan pegangan jika seseorang ingin sukses, yakni ilmu, Al Qur'an, dan do'a orang tua.

* Foto: Dok. Bagian Prokopim Setda. Kab. Lamongan

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023