DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Arsip Artikel

Menuju Lamongan Inklusif, Forum P2HD Dikukuhkan

Memberikan wadah bagi kaum disabilitas, Kabupaten Lamongan membentuk Forum Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas (P2HD). Forum yang dibentuk berdasarkan aspirasi dari para disabilitas untuk mewujudkan Lamongan yang inklusif tersebut dikukuhkan oleh Bupati lamongan, Yuhronur Efendi di Pendopo Lokatantra, kamis (27/1).Terpilih sebagai ketua yang dikukuhkan pada kesempatan tersebut, Tri Febri Khoirul Nidhom menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan yang telah mewujudkan impian seluruh penyandang disabilitas di Kabupaten Lamongan.“Harapannya nanti melalui forum ini akan ada aspirasi untuk menuju Lamongan inklusif dan ramah disabilitas,sebagaimana tujuan dibentukanya forum P2HD ini, ” ujar Irul panggilan akrab nya.Sementara Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam sambutannya mengakui bahwa layanan publik di Kabupaten Lamongan belum optimal untuk penyandang disabilitas. Pak Yes mencontohkan, masih ada trotoar yang belum dilengkapi dengan fasilitas yang ramah disabilitas. Demikian juga toilet di tempat umum yang masih belum bisa dimasuki kursi roda karena sempit sehingga sulit diakses bagi disabilitas. Hal tersebut, kata Pak Yes, menjadi perhatian semuanya ke depan memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada penyandang disabilitas sehingga Lamongan benar-benar ramah disabilitas dan inklusif. Yakni pembangunan yang memberikan dampak bagi siapa saja, utamanya pembangunan insfrastruktur yang berpihak pada disabilitas. Hal tersebut sesuai dengan visi Kabupaten Lamongan dalam RPJMD Menuju Kejayaan Lamongan Yang Berkeadilan. “Karenanya melalui forum P2HD ini nantinya menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi, sehingga memberikan dorongan kepada pembuat kebijakan untuk melahirkan kebijakan yang lebih berpihak pada kaum disabilitas, baik di bidang pendidikan, ekonomi maupun bidang-bidang lainnya,” ujar Pak Yes. Pada kesempatan tersebut, usai dilakukan pengukuhan juga dilakukan focus group discussion (FGD) dengan narasumber Luluk Ariyantini, Ketua yayasan Pelopor Disabilitas Situbondo. Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Abdul Rouf, Sekretaris daerah Nalikan, serta kepala OPD Terkait.

Selengkapnya
Hari Gizi Nasional

Berawal dari gizi, kamu akan mendapatkan kesehatan. Dan dengan kesehatan, pikiran tenangmu akan tercipta.Dengan begitu, maka kekuatan batin dan rasa percaya diri akan kamu miliki dalam semua elemen kehidupan.Selamat Hari Gizi Nasional! Tunjang harimu dengan gizi sekarang juga!”

Selengkapnya
IWAPI Lamongan Tandai Ulang Tahun dengan Vaksinasi

Antisipasi penyebaran Covid 19 khususnya varian Omicron, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Lamongan, menggelar aksi vaksinasi booster di Guest House Kabupaten Lamongan, Selasa (25/1).Kegiatan dalam rangka HUT IWAPI ke 47 tersebut dilaksanakan 2 tahap dengan melibatkan 8 tenaga kesehatan (Nakes) dari Dinas Kesehatan Lamongan. Tahap pertama dilaksanakan 21 Januari 2022 lalu, dengan jumlah vaksin booster moderna 57 dosis. “Vaksinasi kita tujukan untuk anggota IWAPI pelaku UMKM dan masyarakat umum,tahap pertama lalu dari 57 vaksin yang disiapkan telah didsitribusikan (tervaksin) sebanyak 50 orang baik anggota IWAPI mauapun masyarakat umum,” ujar Ketua IWAPI Kabupaten Lamongan Anis Kartika Yuhronur Efendi.Anis menambahkan, tahap kedua disiapkan 110 dosis vaksin moderna, dan yang hadir pada hari ini sebanyak 100 orang yang telah tervaksin. Anis berharap, dengan pelaksanaan vaksinasi tersebut dapat melindungi anggota IWAPI juga masyarakat Lamongan dari virus Covid 19.“Semoga dengan pelaksanaan vaksinasi pada hari ini, semua anggota IWAPI juga masyarakat Lamongan sehat dan terhindar dari virus Covid 19,” harap Anis.

Selengkapnya
FASILITASI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA, DINAS PMD KABUPATEN LAMONGAN GELAR BIMBINGAN TEKNIS

Tahun 2022 merupakan tahun ketiga penerapan Pengelolaan Keuangan Desa melalui Aplikasi Sistem Keuangan Desa ( SISKEUDES). Penerapan aplikasi siskeudes tersebut berdasarkan surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI tanggal 31 Agustus 2016 Nomor: B.7508/01-16/2016 dan surat dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur pada tanggal 03 Juli 2017 Nomor: S-3209/PW13/3/2017Agar SISKEUDES dapat diterapkan di semua desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lamongan menggelar bimbingan teknis fasilitasi pengelolaan keuangan desa bagi kaur keuangan. Bimbingan teknis yang berlangsung selama 4 (empat) hari dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lamongan, Khusnul Yaqin, Senin (24/1) .

Selengkapnya
Waspadai Penyebaran Covid-19 Varian Omicron di Lamongan, Bupati Yes Pimpin Apel Gelar Pasukan Pamor Keris

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Kapolres AKBP Miko Indrayana dan Dandim 0812 Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf memimpin jalanya Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pamor Keris (Patroli Motor Penegakan Protokol Kesehatan di Masyarakat) di halaman Polres Lamongan, Senin (24/1).Apel yang juga dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Jawa Timur itu tak lain sebagai upaya pemerintah dalam mewaspadai penyebaran Covid-19 varian omicron yang dinilai daya penularannya lima kali lebih cepat dibandingkan varian delta.Bupati Yes dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan,  meskipun penyebaran Covid-19 di Indonesia saat ini masih relatif bisa dikendalikan namun tanda-tanda kenaikan angka covid sudah mulai nampak. Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 tersebut pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan seperti memberlakukan PPKM hingga memperketat pintu masuk dari luar negeri dengan melakukan screening yang ketat terhadap Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) serta menambah waktu pelaksanaan karantina bagi PPLN yang semula 5 hari menjadi 7 hari."Pemprov Jawa Timur sendiri sudah melakukan beberapa inovasi seperti monitoring karantina presisi yang diprakarsai oleh POLRI yang dinilai positif terutama untuk memantau pergerakan para PPLN. Selain itu saat ini Polda Jatim bersama Kodam V/Brawijaya juga membentuk tim patrol bermotor "Pamor Keris" yang saat ini kita lakukan," tutur Bupati Yes.Diungkapkan lebih lanjut oleh Bupati Yes, tugas dari tim ini adalah melaksanakan patrol kesehatan sekaligus melaksanakan kegiatan dalam rangka cipta kondisi harkamtibmas dengan harapan melalui kegiatan ini penyebaran virus Covid-19 dapat dikendalikan sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya dengan aman dan lancar sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan pembangunan nasional.Bupati Yes juga mengarahkan kepada seluruh personil yang diterjunkan untuk melaksanakan tugas secara humanis dan professional, menghindari tindakan arogan selama melaksanakan tugas.

Selengkapnya
Perbasi Lamongan Resmi Dilantik, Bupati Yes Berikan 2 Tugas

Pengurus Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) Kabupaten Lamongan resmi dilantik oleh Ketua Umum Perbasi Provinsi Jatim Grace Evi Ekawati, pada Minggu (23/1) di GOR Sport Center Lamongan. Pelantikan tersebut dihadiri dan disaksikan secara langsung oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.Dengan dilantiknya pengurus Perbasi Lamongan, Bupati Yes yakin hal tersebut akan memberikan kemajuan pada bidang olahraga bola basket di Kabupaten Lamongan. Beliau berharap dengan dukungan dari berbagai pihak serta berbagai kemudahan yang diberikan oleh provinsi terhadap Perbasi Lamongan, akan menjadikan tidak hanya Persela yang banyak dikenal masyarakat, namun olahraga lain khususnya bola basket juga dikenal dan menjadi kebanggaan masyarakat Lamongan."Saya yakin Perbasi Lamongan akan maju, semua pintu sudah dibuka dan ini akan menjadi obsesi kita semua masyarakat Lamongan, obsesi koni, obsesi Bupati, semua rakyat Lamongan bahwa olahraga Lamongan tidak hanya didengar Persela saja, tapi semua cabang olahraga ayo bergegas menjadi etalase prestasi olahraga di Kabupaten Lamongan," ajak Pak Yes.Pada kesempatan tersebut, Pak Yes juga memberikan 2 tugas awal untuk pengurus Perbasi yang baru saja dilantik. Tugas pertama menurut Pak Yes selain terkait lisensi pelatih, Perbasi harus mampu menggairahkan kesenangan masyarakat akan olahraga bola basket, sehingga akan mudah memunculkan calon pebasket handal di Kabupaten Lamongan. Tugas yang kedua yakni untuk dengan segera merancang Bupati Cup khusus untuk kejuaraan basket."Saya yakin seyakin-yakinnya ke depan apabila diurus secara serius, Perbasi ini bisa akan menyumbangkan prestasi yang membanggakan untuk Kabupaten Lamongan. Terlebih sebelumnya Lamongan pernah memiliki atlet basket yang hampir go internasional," tambah Pak Yes.Ketua Umum Perbasi Jatim, Grace Evi Ekawati mengungkapkan bahwa Lamongan adalah satu-satunya Kabupaten yang sudah mendapatkan kata 'Yes' darinya untuk menjadi tuan rumah pembuatan lisensi pelatih se Provinsi Jawa Timur. 

Selengkapnya