DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA, DAN PERKEBUNAN

Arsip Artikel

BUPATI LAMONGAN, TANAM BIBIT DURIAN DI DESA SUGIHAN

Pagi ini Bapak Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, memimpin lansung penanaman bibit durian. Meski di masa pandemi yang sulit ini, sektor pertanian harus tetap di kembangkan. Apalagi di desa Sugihan Kecamatan Solokuro ini punya potensi Hortikultura yang cukup tinggi salah satunya adalah buah durian. Rencana Kedepannya Desa Sugihan ini akan di kembangkan menjadi Desa Agro Wisata. Saat ini di Desa Sugihan terdapat Lebih dari 2000 Pohon Durian dan 700 Pohon akan siap panen sekitar Bulan Pebruari atau Maret Tahun 2022. Tahun Depan akan diadakan wisata Petik Buah Durian di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro. Selain Buah Durian di Desa Sugihan juga terdapat sentra Pohon Belimbing, Kelengkeng, Buah Naga, dan Pohon Rambutan. Camat Solokuro Bapak Sami'an,SE,MM mengungkapkan bahwa saat ini desa sekitar Sugihan juga telah mengembangkan Penanaman Pohon Durian diantaranya desa Tebluru Dadapan yang diharapkan mampu menopang sentra durian Montong di Kabupaten Lamongan.

Selengkapnya
DURIAN SOLOKURO, SALAH SATU KOMIDITI HORTI ICON LAMONGAN

Pemerintah Kabupaten Lamongan akan mengembangkan sentra Pertanian Buah durian di Kecamatan Solokuro Khususnya di Desa Sugihan .Dalam beberapa Tahun ini di desa Sugihan sudah berhasil Panen Raya buah durian dan selama ini masih kualahan dalam memenuhi permintaan pasar. Untuk itu kedepan Pemerintah Kabupaten Lamongan sesuai instruksi Bupati Lamongan Bapak Dr.H. Yuhronur Efendi, MBA akan mengembangkan sentra Pertanian buah Durian di wilayah Kecamatan Solokuro.Bapak Kepala Dinas TPHP meninjau langsung ke lokasi perkebunan Durian Yang ada di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro. Dinas TPHP berkomiten untuk mengawal dan memfasilitasi adanya perkebunan durian ini.Saat ini di Desa Sugihan terdapat Lebih dari 2000 Pohon Durian dan 700 Pohon akan siap panen sekitar Bulan Pebruari atau Maret Tahun 2022. Tahun Depan akan diadakan wisata Petik Buah Durian di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro. Selain Buah Durian di Desa Sugihan juga terdapat sentra Pohon Belimbing, Kelengkeng, Buah Naga, dan Pohon Rambutan.

Selengkapnya
MONITORING PEMBANGUNAN RJIT

Monitoring pembangunan RJIT (Rehab Jaringan Irigasi Tersier), monitering di pimpin langsung oleh Kepala Dinas TPHP Kabupaten Lamongan.Tujuan dari kegiatan adalah untuk memantau pembangunan RJIT dan irigasi pemompaan secara fisik di lapangan, memantau penyerapan anggaran dana agar tidak terjadi penyimpangan dalam penggunaan dana tersebut. Terutama untuk mengecek kualitas bangunan sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.Pembangunan RJIT ini di bngun Di Desa Kawistolegi Kec Karanggeneng, dengan panjang157 meter. Sumber dana kegiatan ini berasal dari APBN.Kepala Dinas TPHP mengajak Pemerintah Desa dan para petani untuk bersama-sama menyukseskan pembangunan tersebut supaya dapat cepat digunakan oleh para petani.

Selengkapnya
HARI KRIDA PERTANIAN

Selamat Hari Krida Pertanian21 juni 2021Hari Krida Pertanian sejatinya adalah moment untuk mensyukuri atas capaian yang sudah diraih, dari hasil kerjasama dan kolaborasi seluruh masyarakat di bidang pertanian."Pertanian Maju, Mandiri dan Modern menuju kejayaan yang berkeadilan"

Selengkapnya
GERDAL HAMA TIKUS, MENGAWAL TEBU SMAPAI PANEN

Memasuki musim tanam tebu di awal bulan juli, petani di Kelompok Tani TANI MAKMUR KRANDON, Desa sumengko, Kecamatan kedungpring, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur selalu khawatir mendapat serangan hama tikus. Hal ini disebabkan, musim panen lalu berkurang dan beberapa hektar mengalami kegagalan akibat serangan hama tikus.“Beberapa upaya telah dilakukan oleh Poktan Tani makmur krandon, tetapi tikus terus menyerang tanaman dan berkembang biak dengan cepat. Hal ini ditandai dengan ditemukannya ratusan lubang produktif disepanjang saluran irigasi.hama tikus selalu ada disepanjang tahun, disebabkan hamparan seluas 120 hektar tersambung dengan beberapa lahan milik kelompok tani lain di desa sumengko yang mencapai ratusan hektar yang selalu ditanami padi dan komoditi perkebunan, sehingga hama tikus selalu ada dan populasinya sulit untuk ditekan. Dinas Tanaman pangan hortikultura dan perkebunan kabupaten lamongan, segera melakukan Tindakan untuk mengendalikan serangan hama tikus pada tanaman milik petani. Kegiatan gerakan pengendalian (Gerdal) tikus berupa gropyokan yang dilakukan oleh penyuluh pertanian, Petugas POPT provinsi (Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan), dan seluruh anggota Poktan tani makmur krandon. Kegiatan seperti ini wajib dilakukan segera untuk menekan populasi tikus, sehingga bisa mengamankan pertanaman dan produktivitas Tebu. Karena dalam semalam saja tikus bisa merusak puluhan hektar sawah. Dan yang terpenting diupayakan bisa tanam serempak dalam satu hamparan untuk mencegah merajalelanya tikuspengendalian ini di lakukan dengan cara pengemposan, pengumpanan dan memakai musu alami tikus (tito alba) di harapkan dengan adanya gerdal ini dapat mengurangi populasi tikus serta mengawal tanaman tebu sampai panen.

Selengkapnya
100 HARI KINERJA BUPATI YES, TERWUJUDNYA KEJAYAAN LAMONGAN YANG BERKEADILAN

Senin (7/6), tepat 100 hari Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Wakilnya Abdul Rouf menjalankan program kerja jangka pendeknya setelah resmi dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya 26 Februari lalu. Untuk mengukur kinerja 100 hari kerjanya, Bupati YES melaksanakan evaluasi 100 hari kinerja Kepala Daerah di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan.100 hari kerja bagi Kepala Daerah merupakan masa orientasi untuk menyatukan cara pandang, semangat, kebersamaan, ide/gagasan untuk mewujudkan visi kejayaan Lamongan berkeadilan. Capaian dari 100 hari kerja ini, menurut YES sebagai dasar untuk mendongkrak kualitas kinerja ASN dalam mberikan pelayanan yang adaptif dan responsif kepada masyarakat."Program-program jangka pendek yang telah dicapai dalam 100 hari kerja kemarin untuk memulai, menjadikan mapping agar semua aspek berjalan serentak dalam mencapai visi kejayaan Lamongan," papar Bupati YES.Sebagaimana diketahui, YES memiliki lima fokus program pada 100 hari kerja. Lima fokus ini yakni peningkatan infrastruktur melalui JAMULA, peningkatan layanan pendidikan dengan PERINTIS, digitalisasi pelayanan dengan 100 persen pelayanan berkualitas, pemulihan ekonomi melalui penguatan UMKM, serta penanganan pandemi dan perbaikan layanan kesehatan dengan program Lamongan sehat.Dua hal yang menjadi fokus utama YES-BRO yakni penanganan pandemi covid-19 dan pelayanan publik. Dalam penanganan pandemi, YES-BRO melaksanakan pencegahan dengan memperkuat PPKM mikro, penanganan dengan menyiapkan tempat karantina dan BOR yang cukup serta 65.404 vaksinasi, serta menyiapkan 48 SMPN dan 638 SD tangguh.Selain itu juga melakukan pemulihan ekonomi melalui kebangkitan UMKM dengan slogan 'Ayo Beli Produk Lamongan' secara online (Pasar Online Lamongan, Lapak Lamongan, dan misi dagang), ataupun secara offline (taman tematik, desa wisata, kurasi dan penyaluran produk oleh Indomaret sebanyak 26 produk).

Selengkapnya