DINAS TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA, DAN PERKEBUNAN

Artikel Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Dan Perkebunan

MANAJEMENT TANAMAN SEHAT, SEBUAH TROBOSAN BARU DI BIDANG PERTANIAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

Kabupaten Lamongan sebagai sentra padi regional dan nasional, Budidaya padi sehat adalah menghasilkan dan menjanjikan, sebagai gambaran beras medium/umum ada di kisaran harga 8.300/kg sedangkan beras premium termasuk kategori beras sehat berkualitas di kisaran harga 9.700/kg. dengantyujuan mewujudkan MTS sebagai “role model” untuk pertanian di era revolusi industri 4.0 yang berbasis pendekatan agro ekologis/ramah lingkungan. kawasan percontohan budidaya manajemen tanaman sehat (kawasan inti : desa besur,sekaran), kecamatan sekaran, karanggeneng, kalitengah,deket, glagah,dan karangbinangun. Tahun 2018 sebelum diterapkan pertanian jagung modern provitas sebesar 7,13 ton/ha di tahun 2020 telah mencapai 7,58 ton/ha rata-rata kabupaten.sedangkan di kawasan inti (desa besur) yang akan dipanen sekarang berdasarkan hasil ubinan produktivitas mencapai 7,86 ton/ha. produk beras sehat dan berkualitas walaupun belum tersertifikasi (dimasukkan dalam prioritas fasilitasi di tahun 2020). Efisiensi budidaya MTS dibandingkan non MTS terutama di pemupukan dan pengendalian hama secara alami.dampak dari pertanian manajemen tanaman sehat di kabupaten lamongan1. peningkatan produksi dan produktivitas padi2. replikasi konsep mts di beberapa wilayah seperti desa-desa di kecamatan sekaran dan kecamatan babat3. tahun 2019 melalui mts pas baper kabupaten lamongan memperoleh penghargaan top 25 kovablik provinsi jawa timur

Selengkapnya
PEMPROV DAN BAZNAS JATIM AKAN SERAP BERAS DARI PENGGILANGAN PADI GUNA KESETABILAN HARGA

Pemprov Jatim akan mengkoordinasikan penyerapan gabah petani dari luar Bulog. Mulai hari minggu 4 april kmren, Pemprov bersama BAZNAS Jatim akan menyerap beras di penggilingan-penggilingan padi."Kita akan mengkoordinasikan untuk bisa membantu penyerapan di luar dari pada Bulog. Jadi Pemprov bersama BAZNAS Provinsi Jawa Timur, mulai hari ini akan menyerap beras yang di penggilingan-penggilingan. Terutama milik Gapoktan supaya harga segera stabil," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi salah satu penggilingan padi milik Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Mawar yang ada di Desa Puter, Kecamatan Kembangbahu, Minggu (4/4/2021).

Selengkapnya
GERAKAN PENGENDALIAN OPT TIKUS DI DESA PANGEAN KECAMATAN MADURAN

Untuk menjaga kesetabilan produksi padi di kabupaten Lamongan, Dinas Tphp Kabupaten Lamongan terus melakukan beberapa langkah stategis, diantaranya dengan gerakan terus menanam dan gerakan pengendalian Hama. Kecamatan Maduran merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten lamongan. Menghadapi situasi new normal ditengah pandemic Covid 19 dan kecepatan menghadapi musim kemarau, kendala utama yang didapai oleh petani yaitu hama tikus, sehingga diperlukan dari gerakan pengendalian hama yang selama ini selalu menjadi masalah utama petani. Hama tikus biasanya menyerang pertanaman padi bisa dari awal sampai dengan akhir. Sehingga memerlukan pengendalian yang berbeda menurut usia tanaman padi. Pelaksanaan gerakan pengendalian (Gerdal) hama tikus pada 29 Maret 2020 yang dilaksanakan di Desa Pangean Kec maduran. Poktan di Desa Pangean mendapatkan bantuan alat dan bahan pengendalian hama tikus berupa umpan dengan merek sidarat dan emposan . Alat dan bahan untuk gerdal ada dua macam dikarenakan perbedaan umur tanaman padi di hamparan sawah. Umpan digunakan untuk saat bera atau awal tanam. Sedangkan emposan atau pengasapan digunakan untuk tanaman padi pada stadium generatif. Menurut Ketua Poktan Desa pangean, gerdal hama tikus tidak bisa dlakukan hanya sekali, tetapi harus dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Hal ini disebabkan seperti yang sudah disebutkan diatas karena tikus bisa menyerang pertanaman padi dari awal hingga akhir. Di masa new normal ini, petani tetap giat dan semangat untuk mengamankan ketersediaan pangan. Salah satunya dengan gerdal hama tikus, sehingga pertanaman padi akan aman dan memberikan hasil yang berlimpah. Untuk peran pendampingan dan pengawalan penyuluh sangat dibutuhkan petani tidak terbatas ruang dan waktu. Gerdal ini tidak hanya dilakukan oleh petani, namun juga dilaksanakan bersama dengan petugas pengamat hama, penyuluh, dan Petani sekitar. Serta di hadiri Bapak Sujarwo, S.T., MM. Selaku Kepala Dinas Tphp Kabupaten Lamongan, Bapak Camat Maduran, Bapak Sekretis Dinas Tphp Kabupaten Lamongan, Kepala Bidang Prasarana Sarana Pertanian dan Kasi Sarana Produksi Pertanian.

Selengkapnya