Maret

24

 2022

PERESMIAN EKOSISTEM DIGITAL DESA SECARA NASIONAL – DEKETAGUNG SUGIO LAMONGAN

 dinpmd
 687
 24-Maret-2022

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK RI) bersama Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia (APEDI) meresmikan program ekosistem digital desa di Desa Deketagung Sugio, Kabupaten Lamongan, (21/03/2022).

Peluncuran program ini bersamaan dengan panen perdana padi organik yang dilakukan oleh DPD APEDI Jatim. Turut hadir, Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan dan Mobilitas Spasial Kemenko PMK (Ir. Mustikorini Indrijatiningrum) dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Jatim (Soekaryo, SH., MM) dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan (khusnul Yaqin, S.Si).

Program ekosistem digital desa sendiri telah ada di beberapa desa di Indonesia. Sementara Desa Deketagung dipilih sebagai tempat untuk melakukan peresmian.

APEDI bekerja sama dengan PT. TELKOM, sensorik data atau tenaga ahli desa untuk pencari data dan juga tenaga IT desa. Program tersebut memanfaatkan pemuda asli desa atau karang taruna sehingga website dan database desa tidak pernah kosong. Input data memanfaatkan jaringan internet desa, marketplace serta pemanfaatan teknologi dan IOT dalam produksi desa. 

Pada percontohan yang dilakukan di Desa Deketagung, sistem IOT yang terpasang adalah sensor unsur hara tanah di sawah dan drone untuk penyiraman pupuk dan pestisida organik. Guna mewujudkan teknologi ini, APEDI berkolaborasi dengan TELKOM.

Dalam peresmian ini, perusahaan tersebut berkesempatan menyerahkan bantuan CSR untuk satu tahun senilai Rp 2 miliar kepada APEDI untuk merealisasikan program-program serupa di desa seluruh Indonesia. 

APEDI berharap penggunaan teknologi ini bisa dilakukan oleh BUMDES untuk kemudian disewakan kepada para petani sehingga mampu menjadi model bisnis yang berkelanjutan dan memberikan peran BUMDES sebagai sentral penguatan ekonomi pada level desa.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa

Kontak

Jalan Jaksa Agung Suprapto - Lamongan  Kode Pos : 62214  Telp. : (0322) 321171                .

dinpmd@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Lamongan 2023