DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

DINAS PMD LAMONGAN SAMBUT HANGAT KUNJUNGAN BALAI BESAR PELATIHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA, DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI KEMENDESA PDTT YOGYAKARTA DI KABUPATEN LAMONGAN

Kunjungan Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendesa PDTT Yogyakarta disambut hangat oleh Kepala DPMD Lamongan & Kepala BAPPEDA Lamongan di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lamongan. Dalam kunjungannya tetap diberlakukan protokol kesehatan secara ketat selama kegiatan kunjungan berlangsung. 

Acara bertajuk ramah tamah dan sharing Dana Desa ini selain mensosialisasikan program-program kerja dari Balai Besar Pelatihan & PMD DTT Yogyakarta, juga membahas terkait Koordinasi Penanganan Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Lamongan atas Amanat Menteri Desa PDTT tempo hari dalam kunjungannya di Kabupaten Lamongan.

Kepala Kantor Balai Besar Pelatihan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa DTT Yogyakarta dalam sambutannya juga menyampaikan terkait keinginannya untuk bekerjasama dalam Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat.

"Dinas PMD Lamongan dapat mengundang peserta pelatihan untuk datang ke Balai Pelatihan Yogyakarta, kami menyediakan sarana gedung dan Prasarana lainnya seperti narasumber & alat-alat Pelatihan, atau kami yang hadir mendatangi peserta pelatihan di Kabupaten Lamongan secara langsung, kami siap selalu!", pungkas Kepala Balai Besar Pelatihan & PMD DTT Yogyakarta.

Disisi lain Kepala Dinas PMD Lamongan (Bpk. Khusnul Yaqin, S.Si) menyampaikan secara langsung terkait kendala-kendala dan permasalahan Covid-19 Tahun 2020 sampai 2021 perihal pemotongan anggaran kegiatan fasilitasi Dana Desa di KabupatenLamongan. Kepala Dinas PMD Lamongan juga menyampaikan dukungan penuh terhadap komitmennya dalam penanganan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Lamongan bekerjasama dengan BAPPEDA Lamongan sebagai Kabupaten Pilot Project menurut amanat Kemendesa PDTT.

Dalam sambutannya, Kepala BAPPEDA Lamongan (Bpk. Ir. Suyatmoko, M.MA) pun juga menambahkan kesiapannya mendukung penuh terkait penanganan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Lamongan dan sepakat dalam penggunaan data DTKS yang diintegrasikan Desa dan Dinas terkait, kemudian disinkronkan dengan Catatan Sipil by name by address.

Pada kesempatan lain, Staf Balai Besar Pelatihan dan PMD DTT Yogyakarta turut menyampaikan bahwa Kabupaten Lamongan merupakan salah satu dari beberapa Kabupaten yang paling bagus dalam pengelolaan BUMDesa nya, serta merupakan Kabupaten dengan progres penyerapan Dana Desa paling bagus di Indonesia.

Agenda Kunjungan ini diakhiri dengan Foto bersama dan Tinjauan langsung ke Lapangan, di salah satu Desa percontohan penurunan kemiskinan ekstrim Wilayah Kecamatan Sambeng yakni di Desa Pamotan.

#kunjungankerja #BalaiPelatihanPMDDTTYogyakarta #DanaDesa #KemiskinanEkstrim #LamonganMegilan