DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

DINAS PMD LAMONGAN GELAR RAPAT EVALUASI PENGESAHAN INDEKS DESA MEMBANGUN (IDM) KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2021

Indeks Desa Membangun adalah Adalah alat bantu “Teknokrasi” pengukuran perkembangan Status Kemandirian Desa melalui analisa dan nilai komposit seluruh nilai skoring masing-masing indikator terpilih berdasarkan konsep kebijakan pembangunan yang ditetapkan serta otoritas kewenangan, tugas dan fungsi Kementerian Desa, PDTT. Dengan demikian hasil analisa IDM dalam penetapan status Kemandirian Desa akan dapat menjadi alat bantu pengintegrasian perencanaan. Indeks Desa Membangun diperlukan sebagai acuan terhadap status desa diatur dalam PermendesaPDTTrans Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun.
Hari ini Kamis (27/05/2021) Dinas PMD Kabupaten Lamongan gelar Rapat Evaluasi Pengesahan Indeks Des Membangun (IDM) Kabupaten Lamongan Tahun 2021. Rapat yang dipimpin oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan ini Menghadirkan Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan BAPPEDA Kabupaten Lamongan serta Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Lamongan yang secara langsung terjun ke Lapangan untuk menganalisa survey penentuan Indeks Desa Membangun sesuai data yang akurat dan terbarukan.
Tujuan khusus penyusunan Indeks Desa Membangun adalah agar bisa digunakan sebagai basis data (base line) pembangunan desa yang menjadi dasar dalam menilai kemajuan dan kemandirian desa, salah satu input (fokus) dalam perumusan isu-isu strategis dan permasalahan utama yang terkait dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa, masukan dalam perumusan targeting (sasaran lokasi) terkait dengan target pembangunan nasional dan instrumen koordinasi antar Kementerian/Lembaga, Pemerintah daerah dan desa, guna efektifitas capaian sasaran pembangunan nasional.