Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang studi banding ke dinas kearsipan daerah lamongan

Saat penilaian hasil Audit eksternal kearsipan meningkat, Sebuah Lembaga Kearsipan akan menjadi tolok ukur daerah lainnya dalam hal pengelolaan arsipnya.

Hal ini juga berimbas pada Dinas Kearsipan Daerah Lamongan yang menjadi peringkat lima se Jawa Timur dan menjadi Lembaga Kearsipan yang independen karena terpisah dengan Dinas Perpustakaan.

Tanggal 1 Oktober 2020, Rombongan dari Kabupaten Semarang berkesempatan menimba ilmu tentang manajemen pengelolaan Lembaga Kearsipan Daerah pada Dinarsda Lamongan.

Diterima Langsung oleh Kepala dinas Kearsipan, Gunadi, mereka banyak bertanya tentang;

  1. Regulasi Penyelenggaraan kearsipan.
  2. SDM Kearsipan baik Arsiparis maupun tenaga yang menangani arsip di masing masing OPD.
  3. Anggaran Bidang kearsipan Kab. Semarang baru 600 juta.
  4. Pelaksanaan audit internal kearsipan di Lamongan, dan
  5. keberadaan Depot arsip sebagai ruang penyimpanan arsip statis Lamongan.

Kita patut bersyukur karena kita sudahmempunyai semua yang menjadi persoalan di Kabupaten Lamongan tersebut. Mulai dari regulasi hingga sarana fisik, Kabupaten Lamongan sudah hampir lengkap meski masih jauh dari keadaan sempurna.

aparatur desa dapat pengetahuan pengelolaan arsip dinamis dari dinarsda

Seluruh perangkat Desa yang tergabung Dalam Desa-Ku Pintar, Tanggal 28 dan 29 September 2020, mendapat bimbingan pengelolaan arsip dinamis dari Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan.

Sebanyak 81 kepala Unit Kearsipan Desa/Kelurahan dari 27 Kecamatan hadir dalam cara tersebut.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka sosialisasi mengenai tata kelola kearsipan di antaranya tata naskah dinas, klasifikasi arsip, hak akses arsip, dan jadwal retensi arsip. Tidak hanya membahas tentang pengelolaan arsip dalam kegiatan ini juga membahas tentang tata cara pengelolaan unit kearsipan, serta sosialisasi produk-produk hukum kearsipan.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Arsip ini pengelolaan arsip Desa/Kelurahan dapat sesuai dengan kaidah kearsipan yang baik dan benar serta berpedoman pada undang-undang dan peraturan pemerintah tentang kearsipan. Salam Arsip.