kunjungan kegiatan wi sip la dari sdn tanjung kecamatan lamongan

Dinarsda_kab.lamongan, menerima kunjungan Rombongan siswa-siswi SDN Tanjung Kecamatan Lamongan, Kamis 5 Maret 2020 untuk melaksanakan Wisata Arsip Lamongan (WIS SIP LA).

Rombongan diterima oleh Kepala Bidang Layanan dan Manfaat Kearsipan Suma’un, S.Pd. mewakili Kepala Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan Bapak Drs. Gunadi, S.Sos. M.Si. yang pagi tadi ada keperluan dinas yang harus dilaksanakan secara langsung, sehingga diwakilkan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan yang disampaikan oleh Suma’un selaku Kepala Bidang Layanan dan Manfaat Kearsipan bahwa Wisata arsip yang diperuntukkan untuk siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs., SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta se Kabupaten Lamongan ini bukan sekedar ajang rekreasi akan tetapi lebih ditekankan pada pengenalan kesejarahan/kearifan lokal Kabupaten Lamongan pada anak-anak sehingga upaya menjaga dan merawat kesinambungan generasi penerus bangsa dan negara dapat terwujud dengan harapan di masa yang akan datang secara estafet tidak akan kehilangan potensi yang ada di Kabupaten Lamongan.

Selanjutnya perlu dikenal oleh masyarakat bahwa untuk menjadikan Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan sebagai Pusat Ingatan, sebagai bahan sejarah, sebagai sumber Informasi bagi seluruh warga masyarakat secara umum dan khususnya bagi masyarakat kabupaten Lamongan. Bahwa Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan ini siswa-siswa diperkenalkan pada :

  • Depo Arsip, dengan tujuan agar mengetahui cara penataan dan penyimpanan arsip dengan baik dan benar;
  • Galeri Arsip, siswa-siswi diajak untuk mengenal tokoh dan potensi kesejarahan dengan melihat gambar yang ada dalam ruang galeri;
  • Ruang WIS SIP LA, untuk melihat pemutaran film Dokumenter baik nasional maupun film documenter potensi Kabupaten Lamongan;
  • Keliling Kota, agar generasi penerus mengenal lingkungannya dengan segala potensi yang ada, Masjid Agung, alun-alun kota, Pendopo Lokatantra, Makam Mbah Lamong, Monumen Kadet Soewoko, dll;
  • Kunjungan Kesejarahan dalam Kabupaten Lamongan, dan
  • Kunjungan destinasi wisata potensi Daerah Kabupaten Lamongan.

Dalam kesempatan ini rombongan siswa-siswa kelas VI SDN Tanjung yang segera melaksanakan Tryout dan ujian akhir ini dipimpin langsung oleh Kepala Sekolahnya yaitu Ibu MINAWATI, S.Pd. dengan tujuan lokasi Destinasi Religi Makam Syekh Maulana Ishak Desa Kemantren Kecamatan Paciran, dan TPI Brondong menggunakan 2 (dua) armada transportasi yaitu Mobil Sadar Tertib Arsip  dan Kendaraan WIS SIP LA.

Ibu MINAWATI, S.Pd. Kepala SDN Tanjung dan kesan dan pesannya, sangat senang ddan merasa terbantu dengan adanya program ini oleh Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan, mengingat siswa-siswa lebih mengenal kabupaten Lamongan secar luas.

Terimakasih Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan