Awarding Kearsipan, Tolok Ukur Penyelenggaraan Kearsipan di Kabupaten Lamongan

Tanggal 2 September 2019, Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Kearsipan Daerah menggelar Awarding Audit Kearsipan Internal yang bertempat di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan yang dihadiri oleh Kapala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Ir. H. Abdul Hamid, Bupati Lamongan H. Fadeli S.H, M.M, Wakil Bupati Dra.Hj. Kartika Hidayati, M.M, M.HP, Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Dr. Yuhronur Effendi, MBA  dan Kepala Dinas Kearsipan Daerah Drs. Gunadi S.Sos, M.Si beserta Kepala OPD, BUMD, RSUD dan Camat se- Kabupaten Lamongan.

Sebelumnya tanggal 26 Juni – 16 Juli  2019 telah dilaksanakan Audit Kearsipan Internal pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Badan Usaha Milik Daerah, RSUD dan Kantor Camat di Kabupaten Lamongan.

 Diadakannya audit kearsipan ini diharapkan ke depannya dapat mewujudkan pengeloaan arsip yang tertib, rapi dan andal guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. Audit kearsipan internal bertujuan untuk menindaklanjuti Peraturan Bupati Lamongan Nomor 13 Tahun 2019 tentang Pedoman Pengelolaan Unit Kearsipan pada Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan yang nantinya masuk penilaian Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam penyelenggaraan Pengawasan Kearsipan.

H. Fadeli S.H, M.M selaku Bupati Lamongan dalam sambutannya berharap agar seluruh jajaran Kepala OPD saling bersinergi bahu-membahu untuk memberikan perhatian terhadap penyelengaraan kearsipan, sebab arsip merupakan suatu bukti autentik berjalannya kegiatan suatu organisasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan khususnya.

 Dalam kesempatan itu, juga diserahkan penghargaan kepada OPD dan kecamatan dengan predikat CUKUP, dan BURUK namun nilainya yang tertinggi diantara OPD dan kecamatan yang lain diantaranya adalah Badan Kepegawaian Daerah, Inspektorat, Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah, Kecamatan Modo, Kecamatan Kembangbahu, dan Kecamatan Laren.

Dengan adanya Audit Kearsipan Internal ini, Penyelenggaraan Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan diharapkan menjadi yang terbaik serta yang terpenting adalah dapat menjaga dan merawat keutuhan arsip demi menjaga memori kolektif bangsa secara umum dan daerah secara khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *