Persiapan Audit Internal Kearsipan Di Lamongan

Sebanyak 73 Sekretaris Dinas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Lamongan mendapat pemahaman perihal audit kearsipan ini melalui kegiatan  Sosialisasi Peningkatan Audit dan lomba tertib arsip OPD di Kabupaten Lamongan.

Kegiatan di Hotel El Resas lamongan Rabu, 6/3/2019 ini dipandu langsung oleh  Auditor Arsip dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Provinsi Jatim, Diyah Kuswardani dan Aizati Fitriyah.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kearsipan Lamongan, Gunadi, dalam sambutannya,  “ Ada dua tipe audit kearsipan yang pertama adalah Audit Eksternal yang dilakukan oleh Tim  Auditor Provinsi Jawa Timur terhadap Lembaga  Kearsipan Daerah  Kabupaten dan Audit Internal yang dilakukan Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten kepada OPD binaanya.”

Sementara itu dalam materi yang disampaikan, Diah, lebih menekankan pada materi item yang menjadi penilaian dalam audit kearsipan. “Pengelolaan arsip dinamis, keberadaan sumber daya manusia (arsiparis), dan kelengkapan sarana dan prasarana adalah tiga unsur yang menjadi target penilaian,” paparnya.

“Ketiga unsur penilaian tadi tertuang dalam  formulir penilaian yang dibuat oleh Arsip Nasional republik Indonesia (ANRI),” tambah Aizati Fitriyah yang hari itu menjelaskan teknis pengisian formulir yang dibuat ANRI tersebut.

Saat jeda acara peserta banyak mengeluhkan mengenai kurangnya sarana pra sarana pengelolaan arsip terutama yang berkaitan dengan ruang arsip. Selain itu keberadaan arsiparis juga masih minim. Salah satu peserta dari Dinas Sosial, Bambang Irawan, mengajukan usul agar diadakan pendampingan lebih sering dari Dinas Kearsipan Daerah Lamongan agar OPD lebih siap saat audit nanti berjalan.

“Kebutuhan untuk pendampingan kearsipan akan kita laksanakan bulan April sambil melakukan pembenahan sarana dan prasarana yang ada ditunggu saja,” jawab Kepala Bidang Pembinaan yang hari itu menjadi moderator acara.

Semoga dengan pemahaman dan kesiapan menghadapai audit kearsipan, kinerja pengelolaan kearsipan di Kabupaten  Lamongan makin terdepan. Ayo Sadar dan Tertib Arsip!

Leave a Reply