BPKAD Lakukan Penyerahan Arsip Statis dan Arsip yang Retensinya 10 Tahun Lebih Ke Dinarsda Lamongan

Penyerahan arsip statis atau arsip yang retensinya lebih dari 10 tahun harus disertai dengan daftar arsip yang diserahkan dan sudah dimasukkan dalam boks arsip. Sebagaimana yang dilakukan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Lamongan, hari ini telah menyerahkan arsip arsip ke Lembaga Kearsipan Daerah dalam hal ini Dinas arsip Daerah Kabupaten Lamongan. Arsip arsip yang diserahkan telah tertata rapi dan telah ada daftar arsipnya.

Sesuai dengan UU no 43 th 2009 tentang kearsipan bahwa Lembaga Kearsipan hanyalah menyimpan arsip statis dan atau arsip yang retensinya lebih dari 10 tahun, apa yang telah dilakukan oleh BPKAD ini adalah wujud implementasi UU yang dimaksud.

Penyerahan arsip statis yang dilakukan BPKAD ini bisa menjadi contoh bagi organisasi Perangkat Daerah Lamongan lainnya. Selama ini lembaga kearsipan hanyalah dianggap sebagai tempat pembuangan dokumen dokumen yang kacau tanpa ada daftar dan banyak yang ditempatkan ke dalam glangsing.

Semoga OPD lainnya bisa meniru jejak BPKAD agar kearsipan Lamongan semakin tertib sesuai dengan standar dan prosedur kearsipan yang berlaku.

Leave a Reply