DINAS KEARSIPAN DAERAH

Artikel Dinas Kearsipan Daerah

Audit Kearsipan Internal Jeda Sementara di Masa PPKM

Pemberlakuan pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali membuat aktifitas kegiatan kedinasan juga terkena imbasnya. Tak terkecuali Dinas Kearsipan daerah Lamongan yang sedianya di bulan Juni - Juli 2021 ini ada kegiatan audit kearsipan internal. Namun, setelah Bupati Lamongan memberikan surat edaran PPKM di wilayah kabupaten Lamongan kegiatan tersebut juga terpaksa harus ditunda.Penundaan ini juga semoga dapa memberikan kesempatan pada OPD obyek pengawasan untuk bisa berbenah kembali. Penundaan ini menunggu sampai masa PPKM berakhir. Semoga semua pihak menyadari pentingnya PPKM ini karena mengingat persebaran covid-19 yang kian meluas dan meningkat korbannya.Apapun itu, ini adalah untuk kemaslahatan kita bersama agar semua bisa terhindar dari virus korona ini. Tim auditor pun menyadari di masa pandemi ini untuk sejenak mengambil jarak dengan orang lain mengingat saat audit interaksi dengan orang lain tidak bisa dihindarkan.Semoga tidak lama lagi kegiatan audit kearsipan ini bisa berlanjut kembali. Tetap taati prokes dan berdoa agar kita terhindar dari virus korona yang kini sedang menjadi pandemi di daerah kita khususnya dan negara kita umumnya.

Selengkapnya
Audit Kearsipan Internal Kabupaten Lamongan

Audit Kearsipan Internal Kabupaten Lamongan akan  dimulai akhir bulan juni ini. Jadwal pelaksanaan berlangsung tanggal 24 Juni 2021 s/d 21 Juli 2021. Sebagaimana jadwal yang telah dikirimkan ke masing-masing OPD, diharapkan seluruh OPD bisa mempersiapkan diri untuk membenahi pengelolaan kearsipan yang berada di tempatnya.Teknis pelaksanaan sebagaimana tahun lalu yaitu penilaian secara pasif dan nanti Tim auditor akan mengambil instrumen penilaian sesuai dengan Jadwal yang telah dikirimkan. Semoga untuk audit internal tahun ini ada peningkatan nilai dan kinerja OPD di bidang pengelolaan kearsipan. 

Selengkapnya
Dinas Kearsipan Lamongan Peringkat ketiga Jawa Timur

Dinas Kearsipan peringkatnya meningkat secara signifikan dalam audit kearsipan eksternal tahun 2020. Setelah hampir menduduki rangking tiga  dari bawah di tahun 2017 yaitu peringkat 35 dari 37 Kabupaten/kota, kini Dinas Kearsipan menduduki peringkat ketiga dari atas di tahun 2020 yang disampaikan oleh kepala Arsip Nasional  Republik Indonesia 1 Februari 2020.Selain hasil tersebut, hasil audit kearsipan  eksternal yang disampaikan kepala Arsip Nasional Republik Indonesia 20 April 2021  juga menempatkan Dinarsda pada peringakat ke-25 untuk kabupaten/kota seluruh Indonesia. Perjalanan hingga mencapai posisi tiga besar Jawa Timur ini tidak mudah karena harus menapak dari 35, 20, dan ke 5. Dalam waktu tiga tahun  kerja keras seluruh Staf Dinarsda kini telah mendapat hasilnya. Namun demikian, perjuangan untuk meningkatkan kesadaran kearsipan di kabupaten lamongan haruslah tetap dipertahankan karena mulai tahun depan hasil penilaian Audit kearsipan Internal akan ikut mempengaruhi penilaian Audit Eksternal. Dan ini menjadi PR kita bersama insan kearsipan di Kabupaten Lamongan. 

Selengkapnya
Rapat Teknis Kearsipan

Rapat Teknis Kearsipan  tentang Penyusunan dan Penerapan SOP Penggunaan Arsip yang bersifat Tertutup di:Hotel Grand Darmo Jl. Progo 1-3   Surabaya,  Senin -selasa 5-6 April 2021.

Selengkapnya