DINAS KEARSIPAN DAERAH

Artikel Dinas Kearsipan Daerah

Pendampingan Penyelamatan Arsip Penggabungan OPD di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan

Untuk menindaklanjuti hasil rapat koordinasi penyelamatan arsip hasil penggabungan OPD, hari ini 31/3/21 dilakukan pendampingan ke Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan.  Kegiatan ini dibawah kendali langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan, Gunadi.Dalam kunjungannya kali ini Kadis Dinarsda membawa seluruh arsiparis yang ada di Dinarsda untuk menjadi pendamping sekaligus memberikan pelatihan langsung proses pengelolaaan arsip dinamis dan statis. Diterima langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, fahrudin Ali, yang mengerahkan seluruh pejabat dilingkungannya ,  di ruang pertemuan Dinas Ketahanan Pangan. Dalam pertemuan tersebut Kadis Dinarsda memberikan pemahaman tanggung jawab pejabat teknis kegiatan di lingkungan Dinas Ketahanan Pangan agar menyelamatkan arsip statisnya untuk diserahkan ke Dinas Kearsipan Daerah agar bukti bukti penyelenggaraan pemerintahan yang telah dilakukan DInas Ketahana Pangan bisa terselamatkan sebelum  digabungkan dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura kabupaten Lamongan.

Selengkapnya
Rapat Teknis Kearsipan

Rapat Teknis Kearsipan  tentang Penyusunan dan Penerapan SOP Penggunaan Arsip yang bersifat Tertutup di:Hotel Grand Darmo Jl. Progo 1-3   Surabaya,  Senin -selasa 5-6 April 2021.

Selengkapnya
Rapat Koordinasi Penyelamatan Arsip OPD yang Digabung

Kebutuhan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan membawa efek bagi beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Kabupaten Lamongan. Untuk mengantisipasi kehilangan arsip OPD yang digabung tersebut, Dinas Kearsipan berinisiatif untuk melakukan penyelamatan arsip hasil penyelenggaraan pemerintahan dari OPD yang digabung tersebut.Beberapa OPD yang digabung tersebut adalah Dinas Kearsipan dan dinas perpustakaan, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Tanaman Pangan , Hortikultura, dan Perkebunan, Badan pembangunan Daerah dan badan Penelitian dan Pengembangan daerah. Pada 9 Maret 2021 di ruang wisipla Dinarsda dtelah dilakukan rapat Koordinasi penyelamatan Arsip dari OPD yang digabung tersebut. Beberapa kepal OPD yang dimaksud hadir untuk menyamakan persepsi tentang langkah-langkah yang harus diambil dalam rangka penyelamatan arsip OPD masing-masing.Kegiatan ini juga telah melahirkan Tim Penyelamatan Arsip yang dibentuk melalui Keputusan Bupati Nomor: 188/168/KEP/413.013/2020. Diharapkan dengan adanya tim ini kegiatan ini bisa menyelamatkan arsip statis pada beberapa OPD yang mengalami penggabungan tersebut hingga bukti kegiatan pemerintyahan di Lamongan bisa terselamatkan. 

Selengkapnya
Peran Penting Arsip Dalam Berbangsa dan Bernegara

Sebagai negara, Indonesia sudah menunjukkan eksistensinya sejak diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada saat itu negara kita terbebas dari penjajahan dan memerangi segala bentuk penjajahan sebgaimana yang tertuang dalam naskah Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Namun sebagai sebuah bangsa keberadaan Indonesia sebenarnya sudah ada sebelum kemerdekaan itu dideklarasikan. Meski demikian, kesadaran sebagai sebuah bangsa baru tumbuh di benak masyarakat Indonesia di awal abad dua puluh yaitu dengan diadakannya kongres pemuda tahun 1928 yang sangat terkenal itu. Dalam kaitannya dengan keberadaan sebuah bangsa dan negara ini arsip mempunyai peranan strategis untuk membuktikan kedua entitas ini. Meski peran penting arsip ini sangat terikat dengan hal tersebut, tetapi kesadaran pengarsipan di Republik ini masih jauh panggang dari api.Kurangnya kesadaran  ini bisa kita telisik dari sejarah awal berdirinya Republik ini. Pertama,  ebagai contoh, proses proklamasi yang begitu fenomenal hampir saja kehilangan naskah asli tulisan tangan sang Proklamator jika tidak ada pemuda B.M. Diah yang memungutnya dari tempat sampah ketika naskah itu selesai disalin oleh Sayuti Melik.Kedua,  hilangnya surat asli Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) yang diberikan Presiden Sukarno kepada Jenderal Suharto. Entah ini sebuah kesengajaan atau hanya keteledoran belaka masih menjadi pertanyaan banyak pengamat dan juga ahli sejarah.Baca Lebih lengkap Arstikel Agus Buchori (Arsiparis Mahir) di link di bawahKaitan Arsip dalam Berbangsa dan Bernegara 

Selengkapnya