DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

PEMILIHAN DUTA BACA DAERAH KABUPATEN LAMONGAN 2022

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan mengampanyekan gemar membaca dengan menggelar pemilihan duta baca daerah kabupaten Lamongan yang diikuti 76 peserta. Pemilihan duta baca daerah kabupaten lamongan yang mengusung tema “Peran Duta Baca dan Literasi Digital dalam Mewujudkan Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan” ini dilakukan melalui 3 tahapan seleksi yaitu seleksi tahap penyisihan melalui seleksi administrasi dan tes tulis, seleksi tahap final melalui wawancara, dan seleksi tahap grand final melalui paparan program kerja, visi dan misi serta Q&A oleh panelis.

Pada seleksi tahap final, 15 finalis  terpilih menyampaikan paparan program kerja dan visi misinya dihadapan para dewan juri dari berbagai profesi, Heraldha Savira selaku Duta Baca Jawa Timur 2022, Hurip Tjahjono selaku Akademisi di Kabupaten Lamongan, dan Zulfatun Sofiyani selaku konsultan Perpustakaan Nasional RI pada Selasa pagi (23/08) di Aula Cendekia Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daearah Kabupaten Lamongan. Setelah proses seleksi tahap final, terpilih 5 finalis yang akan melanjutkan ke tahap grandfinal.

Malam puncak grandfinal pemilihan duta baca daerah kabupaten Lamongan 2022 dilaksanakan pada Selasa malam (23/08) di Pendopo Lokatantra Pemkab. Lamongan yang dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Lamongan, Yuronur Efendi. Beliau menyampaikan bahwa duta baca kelak akan mengemban tugas penting dalam memberikan inspirasi, motivasi dan mendorong masyarakat Lamongan untuk gemar membaca, serta mendorong perpustakaan-perpustakaan sekolah, desa dan sudut-sudut baca agar menjadi lebih giat lagi dan menjadi perpustakaan yang nyaman dan banyak dicari oleh orang-orang yang senang dan bergairah dalam membaca.
Dalam malam puncak grandfinal, ke 15 finalis menampilkan berbagai macam bakat yang dimiliki, mulai dari membaca puisi, menyanyi, memainkan alat musik saron hingga pencak silat. Sebelum para juri mengumumkan Juara Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan, finalis yang masuk 5 Besar mendapat pertanyaan dari para Panelis yaitu Bupati Lamongan Bapak Yuhronur Efendi, Ketua PKK Lamongan Ibu Anis Kartika, Sekretaris Daerah Bapk Moh. Nalikan, Ketua Dharmawanita Ibu Puji Dariani dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Ibu Farah Damayanti Zubaidah.



Dari hasil tahap Q&A, Akhmad Gunawan Wibisono dari Universitas Universitas Billfath Lamongan dinobatkan sebagai juara 1 Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan Tahun 2022, kemudian Posisi Runner-up 1 diraih oleh Puput Syifa Deviana dari peserta umum, runner up 2 diraih Mafryanda Safinaturrizqy Addiena Shafa dari Universitas Negeri Surabaya, dan juara favorit diraih oleh Dyah Elsa Permata Sari dari Universitas Islam Lamongan.