Enter your keyword

post

Sedekah Bumi di Sendang Desa Talunrejo

Tradisi adalah suatu kebiasaan yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu wilayah, negara, kebudayaan, golongan/agama yang sama.

Hal yang paling mendasar  dari tradisi yaitu adanya informasi yang di teruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi akan punah.

Masyarakat jawa memang terkenal dengan beragam jenis tradisi atau budaya yang ada di dalamnya. Baik tradisi cultural yang semuanya ada dalam tradisi atau budaya jawa tanpa terkecuali. Dari beragam macamnya tradisi yang ada di masyarakat jawa, hingga sangat sulit untuk mendeteksi serta menjelaskan secara rinci terkait dengan jumlah trasi kebudayaan yang ada dalam masyarakat jawa tersebut. Salah satu tradisi masyarakat jawa yang hingga sampai sekarang masih tetap eksis dilaksanakan dan sudah mendarah daging serta menjadi rutinitas bagi masyarakat jawa pada setiap tahunnya adalah sedekah bumi. Hal ini juga dilakukakan oleh masyarakat desa Talunrejo Kec. Bluluk yang mengadakan sedekah bumi pada tanggal 04 Agustus 2017, acara yang sederhana namun sakral ini dihadiri langsung oleh Bapak Camat Bluluk, Syam Teguh Wahono, SH,MM. Dalam sambutannya Bapak Camat menghimbau agar masyarakat senantiasa menjaga kelestarian alam terutama sendang yang menjadi sumber mata air utama di Desa Talunrejo, kemudian acara dilanjutkan dengan makan bersama warga.

No Comments

Add your review