Enter your keyword

post

PROPERDA 2017

PROPERDA 2017

Semakin berkembangnya industry di Kabupaten Lamongan perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemkab. Lamongan, banyaknya industry memang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian tetapi disisi lain dampak lingkungannya perlu juga ditangani. Setiap industry wajib menyusun dokumen lingkungan sebagai guidance pengelolaan lingkungan akibat beroperasinya industry tersebut.

 

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah atau PROPERDA dilaksanakan oleh DLH dalam rangka mengendalikan dampak pencemaran lingkungan sebagaimana amanah UU 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

 

Melalui program properda 2017 DLH Kabupaten Lamongan berusaha meningkatkan ketaatan pengelolaan lingkungan bagi kegiatan/usaha di Kabupaten Lamongan. Ada 25 kegiatan yang berpartisipasi, hal ini sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan No. 188/ 36 /kep./413.117/2017 penetapan peserta properda tahun 2016-2017. Peserta properda tahun ini bervariasi antara lain : industry pengolahan ikan, rumah sakit, hotel, industry rokok, pemanfaat limbah B3 dan industry lainnya. Adapun penilaian ketaatan di dasarkan pada :

  • pemenuhan ketentuan dalam izin lingkungan
  • pengendalian pencemaran air
  • pengendalian pencemaran udara
  • pengelolaan limbah B3

Ir. M. Farid Budi W, MM selaku Kabid Pengawasan dan Penegakan Hukum juga mengatakan bahwa seluruh manajemen lingkungan perusahaan akan dinilai, salah satu indicator ketaatan pengelolaan lingkungan yaitu penyampaian pelaporan pelaksanaan izin lingkungan dan pelaksanaan uji laboratorium sesuai dengan dokumen lingkungan yang dimiliki

 

Drs. M. Fahrudin Ali Fikri, M.Si selaku Kepala DLH menjelaskan bahwa sosialisasi properda 2017 telah dilaksanakan pada 18 Juli 2017 yang lalu, masing-masing peserta melakukan self assessment kemudian tim telah melakukan pengawasan dan penilaian lapangan selanjutnya raport sementara dibagikan pada 31 Oktober 2017. Pemkab. Lamongan mengharapkan seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Lamongan mendukung program ini dan mendukung program lainnya di bidang lingkungan hidup.

Bagi perusahaan yang taat akan diberikan penghaargaan oleh Bupati Lamongan sedangkan yang tidak taat akan mendapatkan sanksi administrasi.

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.