Enter your keyword

post

PEMERIKSAAN SAMPEL AIR DAN UDARA DINAS LINGKUNGAN HIDUP (DLH)

PEMERIKSAAN SAMPEL AIR DAN UDARA DINAS LINGKUNGAN HIDUP (DLH)

Dewasa ini limbah cair, udara dan gas di  daerah Lamongan memerlukan perhatian yang lebih. Pengambilan sampel air, udara dan gas merupakan kegiatan pengawasan/pemantauan kualitas kesehatan lingkungan. Karena Kualitas air dan udara merupakan salah satu tolok ukur dari terjaganya lingkungan hidup pada suatu daerah.

Adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) khususnya pada bidang Pengendalian Konservasi dan Kemitraan Lingkungan yang bertugas dalam kegiatan pemeriksaan/pengawasan terhadap sampel air dan udara. Bidang ini setiap tahunnya melakukan kegiatan tersebut supaya kondisi air maupun udara yang ada dilingkungan tetap terjaga kondisinya.

Pemeriksaan ini dilakukan berkisar antara bulan Maret sampai dengan September yang merupakan jadwal yang sudah direncanakan pada awal tahun.

Tempat yang dijadikan bahan sampling udara berada di kawasan WBL, PT.Sampoerna Turi dan Brondong, pabrik KTM Ngimbang, Gudang Garam Dradah, BMI deket, TKBR Paciran, Alun-alun Lamongan dan Terminal Lamongan. Sedangkan untuk sampling air berada di kawasan aliran sungai di pesisir utara meliputi Kali Moropelang, Kali Kebalandono, Kali Sumurgenuk,Kali Waru, Kali Singosari, Kali Kruwul, Kali Plalangan, Kali Mbalun, Kali Dapur, Kali Deket, Sumur Pantau TPA dan Kali Malang.  Karena tempat tersebut merupakan tempat yang dapat mewakili dari tempat tempat lainnya, untuk mengetahui kualitas air dan udara maka lokasi yang dipilih adalah tempat tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pemeriksaan dilakukan dikarenakan untuk mengawasi/memantau kualitas dari air dan udara di lingkungan khususnya daerah Lamongan.

Dari pemeriksaan air dan udara yang sudah dilaksanakan, maka terdapat saran dan kesimpulan dari pemeriksaan tersebut.

 

Saran bagi masyarakat adalah agar menjaga lingkungannya tetap bersih dan sehat. Kesimpulannya adalah Bidang Pengendalian Konservasi dan Kemitraan Lingkungan harus tetap melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap kualitas Air maupun Udara. Hal ini bertujuan    agar tingkat pencemaran air sungai dan udara ambient bisa terpantau secara periodik.

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.