Berita RUMAH SAKIT UMUM DAERAH NGIMBANG

PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG ETIKA BATUK & BERSIN DI RSUD NGIMBANG KABUPATEN LAMONGAN



Kemarin hari Kamis tanggal 18 November 2021 bertetapan dengan Hari Milad Muhammadiyah ke-109, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan melakukan penyuluhan kesehatan tentang etika batuk & bersin kepada keluarga pasien di RSUD Ngimbang didampingi oleh Clinical Instruktur (CI) & Kepala Ruangan Rawat Inap Flamboyan Sdr. Arif Rachman, S.Kep.Ns.
Etika batuk adalah tata cara batuk yang baik dan benar dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan baju. Etika batuk sangat efektif untuk menghindari penyebaran penyakit menular yang disebabkan oleh air liur yang dapat berterbangan di udara, seperti coronavirus. Selain itu, cairan yang mengandung virus tersebut juga dapat menempel selama berjam-jam pada benda yang terkontaminasi. Hal ini terjadi ketika benda tersebut dipegang, lalu tangan menyentuh wajah sehingga penyakit COVID-19 dapat menimbulkan infeksi saat masuk ke tubuh.
Maka dari itu, ketahui cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan etika batuk:
1. Gunakan tisu untuk menutupi mulut dan hidung setiap kali akan batuk atau bersin. Jika tidak ada, kamu dapat mengarahkan batuk ke siku. Pastikan untuk tidak batuk ke tangan atau udara terbuka.
2. Selalu palingkan atau menjauhkan wajah dari orang-orang sekitar saat batuk atau bersin.
3. Jika menggunakan tisu, buanglah bekasnya segera di tempat sampah.
4. Pastikan untuk mencuci tangan setelahnya dengan sabun dan air atau hand sanitizer.
Kegiatan ini selain dimaksudkan untuk melatih para mahasiswa di lahan praktek dalam berkomunikasi secara langsung kepada masyarakat juga memberikan wawasan etika batuk & bersin yang baik. Dengan mengetahui teknik efektif dan etika ketika batuk, kamu dapat mencegah orang lain untuk terserang batuk atau bahkan lebih parah.
Sahabat waspadai Gelombang 3 Covid-19 di akhir Tahun ini, apalagi ada libur Natal & Tahun baru...selalu taat prokes untuk menjaga diri. Semoga Pandemi lekas berlalu ??