PUSKESMAS TURI

Kegiatan Bulanan Prolanis Kembang Turi




APA ITU PROLANIS?

PROLANIS merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegratif yang melibatkan peserta, Fasilitas Kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien (BPJS Kesehatan, 2014).

TUJUAN DIADAKAN PROLANIS

Tujuan utama PROLANIS adalah untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis agar mencapai kualitas hidup yang optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM tipe II dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga mencegah timbulnya komplikasi penyakit (BPJS Kesehatan, 2014).

 SIAPA SAJA SASARAN PROLANIS ?

Sasaran dari Pronalis sendiri merupakan seluruh peserta BPJS penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus tipe II dan Hipertensi). Dengan penanggung jawab program ini adalah Kantor Cabang BPJS Kesehatan bagian Manajemen Pelayanan Primer (BPJS Kesehatan, 2014).

 APA SAJA LANGKAH PELAKSANAANNYA?

Menurut BPJS Kesehatan (2014), Berikut Tahap- tahap Persiapan Pelaksanaan Prolanis :

  1. Melakukan identifikasi data peserta sasaran berdasarkan :
  2. Hasil skrinning riwayat kesehatan
  3. Hasil diagnosa DM dan HT (pada Faskes tingkat pertama )
  4. Menentukan target sasaran
  5. Melakukan pemetaan Faskes dokter keluarga distribusi berdasarkan distribusi target sasaran peserta
  6. Menyelenggarakan sosialisasi Prolanis kepada Faskes pengelola
  7. Melakukan pemetaan jejaring Faskes pengelola (Apotek, Laboratorium)
  8. Permintaan pernyataan kesediaan jejaring Faskes untuk melayani peserta Prolanis
  9. Melakukan sosialisasi Prolanis kepada peserta (Instansi, pertemuan kelompok pasien kronis di RS, dan lain lain)
  10. Penawaran kesediaan terhadap peserta penyandang Diabetes Melitus tipe II dan Hipertensi untuk bergabung dalam Prolanis
  11. Melakukan verifikasi terhadap kesesuaian data diagnosa dengan form kesediaan yang diberikan oleh calon peserta Prolanis
  12. Mendistribusikan buku pemantauan kesehatan kepada peserta terdaftar Prolanis
  13. Melakukan Rekapitulasi daftar peserta
  14. Melakukan entri data peserta dan pemberian flag bagi peserta prolanis
  15. Melakukan distribusi data peserta prolanis sesuai Faskes pengelola
  16. Bersama dengan Faskes melakukan rekapitulasi data pemeriksaan status peserta, meliputi pemeriksaan GDP, GDPP, Tekanan Darah, IMT, HbA1C. Bagi peserta yang belum dilakukan pemeriksaan, harus segera dilakukan pemeriksaan
  17. Melakukan rekapitulasi data hasil pencatatan status kesehatan awal peserta per Faskes pengelola (Data merupakan iuran aplikasi P – Care)
  18. Melakukan monitoring aktifitas Prolanis pada masing – masing Faskes Pengelola:
  19. Menerima laporan aktifitas Prolanis dari Faskes pengelola
  20. Menganalisa data.
  21. Menyusun umpan balik kinerja Faskes Prolanis
  22. Membuat laporan kepada Kantor Divisi Regional / Kantor Pusat.

AKTIVITAS PROLANIS

Aktifitas Prolanis dilaksanakaan dengan mencakup 5 metode, yaitu :

  1. Konsultasi Medis

Dilakukan dengan cara konsultasi medis antara peserta Prolanis dengan tim medis, jadwal konsultasi disepakati bersama antara peserta dengan Faskes Pengelola.

  1. Edukasi Kelompok

Peserta Prolanis Edukasi kelompok Resiko Tinggi (Klub Prolanis) adalah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan dalam upaya memulihkan penyakit dan mencegah timbulnya kembali penyakit serta meningkatkan status kesehatan bagi peserta prolanis.

      Sasaran dari metodi ini yaitu, terbentuknya kelompok peserta (Klub) Prolanis minimal 1 Faskes Pengelola 1 Klub. Pengelompokan diutamakan berdasarkan kondisi kesehatan peserta dan kebutuhan edukasi.

  1. Reminder melalui SMS Gateway Reminder

SMS Gateway Reminder adalah kegiatan untuk memotivasi peserta untuk melakukan kunjungan rutin kepada Faskes Pengelola melalui peringatan jadwal konsultasi ke Faskes Pengelola tersebut. Sasaran dari hal ini adalah tersampaikannya reminder jadwal konsultasi peserta ke masing – masing Faskes Pengelola.

  1. Home Visit

Home visit adalah kegiatan pelayanan kunjungan kerumah peserta Prolanis untuk pemberian informasi / edukasi kesehatan diri dan lingkungan bagi peserta Prolanis dan keluarga.