PUSKESMAS TURI

Seri TOGA-Meniran (Phyllanthus Urinaria)

Meniran hijau atau Phyllanthus niruri adalah obat herbal yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Herbal ini juga dipercaya dapat membantu mengatasi batu ginjal. Meniran hijau tersedia dalam bentuk kapsul, kaplet, sirup, dan bubuk. 

Meniran hijau memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Oleh sebab itu, suplemen ini dipercaya bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah peradangan, serta membantu meredakan nyeri dan mengatasi infeksi.

Meniran hijau dapat meningkatkan pengeluaran urin. Herbal ini juga bersifat basa sehingga diduga dapat mencegah pembentukan batu ginjal yang bersifat asam dan mengurangi ukuran batu yang sudah terbentuk.

Khasiat meniran hijau dipercaya berasal dari senyawa fitokimia yang dikandungnya, seperti flavonoidphyllanthin, dan hypophyllanthin. Senyawa ini juga dipercaya dapat meningkatkan imunitas, menurunkan kadar gula darah, melindungi kesehatan hati, atau meredakan tegang otot.

Meski demikian, penggunaan meniran hijau masih perlu diteliti lebih lanjut agar dosis, efektivitas, dan kemananannya, bisa diketahui secara pasti.

Kandungan Daun Meniran
Dikutip dari laman Frontiers, daun meniran diketahui mengandung sumber yang kaya akan lignan, tanin, flavonoid, fenolik, terpenoid, dan metabolit sekunder lainnya.

Kandungan-kandungan tersebut memang dikenal baik untuk kesehatan. Misalnya seperti senyawa flavonoid yang berkhasiat sebagai antioksidan dan antineoplastik (anti kanker). Selain itu, masih banyak manfaat yang dapat diperoleh dari daun ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan manfaat zat-zat daun meniran di bawah ini.

Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan Tubuh

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari daun meniran, terutama untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari laman Medical News Today, berikut manfaatnya.

1. Memperkuat Sistem Imun

Daun meniran diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Kandungan flavonoid dan zat imunomodulator dalam meniran yang mampu merangsang sistem imun tubuh manusia agar bekerja lebih baik.

Semakin baik kadar tingkat sistem imun seseorang, maka risiko terkena atau tertular penyakit juga akan menurun. Hal ini dikarenakan setiap bakteri virus dan mikroba yang masuk ke tubuh dimatikan oleh sistem imun.

2. Mengatasi Nyeri

Manfaat lain dari mengonsumsi daun meniran adalah dapat mengatasi nyeri. Contohnya meringankan gejala nyeri kepala, nyeri sendi, nyeri saat buang air kecil, nyeri perut, dan lain-lain.

3. Membantu Pengobatan HIV

HIV adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Sehingga manfaat daun meniran berperan membantu terapi HIV untuk menghambat virus tersebut berkembang dalam tubuh.

4. Mengatasi Hipertensi

Daun meniran juga mampu menurunkan masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan kalium yang tinggi dalam daun ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah sekaligus mencegah hipertensi. Kedua hal ini pun membuat daun meniran juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

5. Mengatasi Peradangan

Zat lain yang ada di dalam daun meniran adalah zat antiinflamasi. Zat ini terbukti efektif mengatasi masalah peradangan, memperkuat tulang, dan rematik. Apabila tidak diatasi, radang dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti masalah kulit sampai penyakit dalam.

6. Mengatasi Batu Ginjal

Selain peradangan, daun meniran juga dapat mencegah dan mengatasi batu ginjal yang bersifat asam. Kandungan di dalam daun meniran diketahui mampu mengurangi ukuran batu yang terbentuk di saluran kemih.

Sifat diuretik dalam daun meniran juga membantu membersihkan ginjal. Daun ini akan meningkatkan pembuangan magnesium dan potasium dari tubuh melalui urin.

7. Mengatasi Diabetes

Sebuah studi mengatakan daun meniran memiliki potensi untuk membantu pengobatan diabetes. Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak di dalam daun ini dapat membantu menurunkan gula darah dan mencegah lonjakan gula darah. Dengan begitu, kadar gula darah dalam tubuh dapat terjaga dan seimbang.

Cara Mengolah Daun Meniran

Nah untuk mendapat khasiat daun meniran, ada beberapa cara yang dapat kamu ikuti. Mengutip dari Jurnal Daun Meniran di Scribd.com, berikut adalah cara mengolah daun meniran.

Cuci bersih sebanyak 30 gram daun meniran segar.

Rebuslah daun meniran menggunakan sekitar 4 gelas air.

Setelah mendidih, biarkan air mendingin.

Kemudian saringlah air rebusan tadi.

Kamu dapat meminum ramuan air daun meniran ini sebanyak 2 kali sehari secara rutin.