PUSKESMAS TURI

Seri TOGA-Teh Hijau

Kaya Akan Antioksidan, Ini 9 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah!

Tidak hanya digunakan sebagai minuman dan ekstrak dalam berbagai olahan makanan, ternyata teh hijau yang berasal dari Jepang juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kulit, lho. Tak heran, teh hijau menjadi salah satu kandungan yang seringkali digunakan dalam produk skincare karena memiliki banyak kandungan yang bagus untuk kulit. Apa saja sih, manfaatnya?

Teh Hijau: Tumbuhan Kaya Antioksidan & Anti-inflamasi

Tahukah, kamu? Teh hijau memiliki kandungan flavonoid yaitu antioksidan dan anti-inflamasi alami di dalamnya. Memang, semua teh memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi, namun teh hijau dianggap memiliki kedua kandungan ini paling banyak dan paling berkualitas dibandingkan jenis teh lainnya. 

Teh hijau yang dikeringkan akan memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi paling tinggi, karena kandungannya yang tak teroksidasi. Lalu, apa sih kandungan antioksidan dan anti-inflamasi itu? 

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel di dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul tidak stabil yang diproduksi oleh tubuh sebagai reaksi terhadap lingkungan dan tekanan lainnya. Sedangkan, anti-inflamasi merupakan sifat yang dapat mengurangi peradangan atau pembengkakan, dan sering ditemukan pada beragam produk skincare maupun makeup. Kedua zat ini, antioksidan dan anti-inflamasi memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit, lho.

Berbagai Manfaat Teh Hijau untuk Wajah 

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, termasuk kulit wajah. Lihat daftar lengkapnya di sini, ya! 

1. Mengurangi Tanda Penuaan Bagi Kulit 

Kandungan antioksidan yang kuat pada teh hijau dapat membantu meningkatkan perbaikan DNA, dengan cara mencegah kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Bahkan, sebuah penelitian dari Amerika Serikat membuktikan bahwa teh hijau mampu meningkatkan kandungan kolagen dan elastin di dalam tubuh, yang bermanfaat menjaga kulit tetap kencang, lembap, dan kenyal. 

2. Mencerahkan Kulit 

Siapa sangka, teh hijau juga dapat mencerahkan warna kulit kita, lho. Hal ini karena teh hijau mengandung vitamin C di dalam sifat antioksidannya yang berperan menghambat produksi melanin di kulit. Sehingga, masalah kulit seperti flek hitam, hiperpigmentasi, dan kulit yang kusam dapat diatasi oleh teh hijau. 

3. Memperbaiki Kulit 

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan di dalam teh hijau memiliki peran besar dalam memperbaiki kulit. Masalah kulit seperti tekstur yang kasar dan pori-pori membesar dapat diatasi oleh kedua kandungan ini. 

4. Menenangkan Kulit 

Pernahkah kamu mengalami kulit yang kemerahan, iritasi, atau terlalu kering sehingga rasa pedih? Hal ini, biasanya merupakan tanda-tanda bahwa kulit kamu sedang sensitif dan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti produk makeup yang tidak cocok, paparan sinar UV, atau perubahan cuaca dan suhu ekstrim. Nah, kandungan anti-inflamasi di dalam teh hijau mampu menenangkan kulit kamu dengan meredakan gejala-gejala tersebut. 

5. Mengatasi Kantung Mata 

Memiliki mata panda atau bengkak akibat kurang tidur? Well, teh hijau mampu mengatasinya! Kandungan antioksidan di dalam teh hijau dipercaya mampu memperlancar aliran darah, termasuk di area sekitar mata, yang dapat menyamarkan lingkaran hitam dan menghilangkan bengkak pada area mata. 

6. Mengontrol Produksi Minyak 

Minyak berlebih pada wajah memang bisa mengganggu penampilan. Selain itu, produksi minyak yang berlebih juga bisa memicu berbagai masalah kulit seperti pori-pori yang tersumbat, muncul komedo, dan jerawat. 

Kandungan polifenol di dalam teh hijau mampu mengurangi produksi sebum atau minyak berlebih pada kulit, tanpa membuatnya terasa kering. Jadi, kulit wajah bisa bebas dari sebum berlebih dan tetap lembap di saat yang sama, deh!

7. Mengatasi Jerawat

Salah satu penyebab kulit berjerawat adalah adanya minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teh hijau mampu mengontrol produksi minyak berlebih, sehingga otomatis mampu mengatasi masalah jerawat kamu juga. Sayonara, jerawat!

 

8. Melembapkan Kulit 

Tak hanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, ternyata teh hijau juga mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E yang dikenal dapat menjaga kelembapan kulit dengan nutrisi di dalamnya. Bahkan, salah satu penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal Dermatology and Therapy, ditemukan bahwa individu yang mengoleskan teh hijau selama 15 - 30 hari mengalami kelembapan kulit yang signifikan serta memiliki tekstur kulit yang lebih halus. Hebat, ya? 

9. Melindungi dari Kanker Kulit

Salah satu penyebab terjadinya kanker kulit adalah perubahan DNA dalam tubuh, yang disebabkan oleh radikal bebas. Nah, sifat antioksidan yang dimiliki teh hijau mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan.

Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Setelah membaca beragam manfaat teh hijau di atas, tentu kamu bertanya-tanya apakah kandungan teh hijau di dalam skincare dapat digunakan oleh semua jenis kulit? Well, the answer is yes! 

Tidak seperti kandungan skincare lainnya (AHA BHA, Retinol, dan lainnya) yang bisa saja memicu sensitivitas pada jenis kulit tertentu, teh hijau merupakan salah satu kandungan yang memiliki segudang manfaat dan aman digunakan oleh semua jenis kulit. Kabar baiknya lagi, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan teh hijau berbarengan dengan skincare lainnya, sehingga bisa digunakan sepanjang hari!