PUSKESMAS TURI

Seri TOGA-Kapulaga

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, ada beragam manfaat kapulaga yang bisa didapatkan. Tanaman rempah ini mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan, mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga melawan sel kanker.

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah yang berasal dari India. Meski begitu, tanaman ini juga dapat ditemukan di hampir seluruh negara, termasuk Indonesia.

Rempah yang memiliki nama latin Elettaria cardamomum ini memiliki rasa gurih dan sedikit manis. Hal ini menjadikan kapulaga sering digunakan sebagai penguat rasa dan aroma pada masakan.

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, seperti mangan, kalsium, dan kalium, menjadikan rempah ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kapulaga tidak hanya tersedia dalam bentuk biji-bijian, melainkan juga dalam bentuk bubuk, minyak esensial, bahkan suplemen herbal.

Berbagai Manfaat Kapulaga

Berikut ini adalah beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengontrol tekanan darah

Kapulaga sudah lama dikenal sebagai salah satu obat herbal bagi penderita hipertensi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kapulaga kaya akan senyawa antioksidan yang memiliki khasiat menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Selain itu, penelitian juga menduga bahwa kapulaga memiliki efek diuretik, yang mampu menurukan tekanan darah pada penderita hipertensi.

2. Mencegah penyakit kronis

Selain menjaga tekanan darah tetap normal, kandungan antioksidan dalam kapulaga juga bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tak hanya itu, kapulaga juga memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat melawan peradangan. Kedua kandungan ini bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis jika dikonsumsi secara teratur.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kapulaga yang dicampur dengan bahan herbal lainnya diduga dapat mengatasi masalah pencernaan, mulai dari dispepsia, mual dan muntah, hingga tukak lambung.

Namun, penelitian untuk menentukan efektivitas dari manfaat kapulaga ini masih sebatas percobaan pada hewan saja sehingga masih diperlukan penelitian lanjut untuk mengetahui efektivitasnya ada manusia.

4. Mengobati infeksi bakteri

Manfaat kapulaga selanjutnya adalah mengobati infeksi bakteri. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak esensial dan ekstrak kapulaga mengandung senyawa yang dapat melawan beberapa jenis bakteri, seperti E. coli, Staphylococcus, Salmonella, dan Campylobacter.

Namun, penelitian ini masih sebatas uji laboratorium. Oleh karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya sebagai antibakteri pada manusia.

5. Mencegah bau mulut dan gigi berlubang

Kapulaga juga dikenal dengan manfaatnya untuk mencegah bau mulut. Tak hanya itu, mengunyah rempah ini juga diketahui bisa membuat napas lebih segar.

Selain itu, berkat kandungan senyawa antibakteri di dalamnya, kapulaga juga diduga efektif untuk mencegah gigi berlubang. Namun, efektivitas dari manfaat kapulaga ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Melawan sel kanker

Senyawa dalam kapulaga diduga dapat mengaktifkan enzim dan sel imun yang berguna untuk melawan sel kanker. Namun, sejauh ini, potensi tersebut masih berdasarkan percobaan yang dilakukan pada hewan saja.

Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas kapulaga dalam menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat kapulaga lainnya bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan, menjaga kestabilan kadar gula darah, mengurangi risiko perlemakan hati, serta mengatasi batuk dan flu.

Meski kapulaga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, perlu diingat bahwa beragam manfaat kapulaga di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mulai menambahkan kapulaga sebagai salah satu rempah untuk mengolah makanan Anda.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika masih ragu untuk menambahkan kapulaga ke dalam menu makan sehari-hari, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dengan begitu, dokter dapat menentukan jumlah asupan yang tepat agar manfaat kapulaga dapat Anda peroleh secara maksimal.